18 Desember 2016

Panduan Penilaian SMA edisi November 2016. Layout Rapor Berubah Lagi, Iya Lagi

Barusan dapat kiriman dokumen PDF dari Kepala Sekolah, disertai permintaan untuk mencetak dokumen tersebut. Seperti biasa jika ada kiriman dari Kepala Sekolah, apalagi disuruh mencetak, pastilah dokumen yang penting.

panduan penilaian sma november 2016
Begitu, dokumen saya buka, terpampang judul "PANDUAN PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS" disertai label kecil di bagian pojok atas bertuliskan "Edisi Nopember 2016". Wowww... panduan penilaian keluar lagi, setelah edisi sebelumnya dikeluarkan setahun yang lalu.

Sedikit saya baca bagian awal dari dokumen ini, tepatnya di bagian Landasan Hukum, ternyata panduan ini masih berdasarkan Permendikbud no. 53 tahun 2015. Masih dengan permendikbud yang sama tapi kenapa dikeluarkan lagi? saya pikir mungkin ini dikeluarkan sebagai penjelasan lebih detail daripada versi yang sebelumnya, karena fakta di lapangan dalam penerapan penilaian berdasarkan panduan edisi sebelumnya masih terdapat beberapa kesalahan persepsi, terutama tentang penentuan predikat berdasarkan KKM

Benar ternyata, di bagian penjelasan tentang KKM dan predikat (halaman 9), hal ini dibahas lebih detail daripada edisi sebelumnya. Bagaimana dengan bagian yg lain ? saya baca sekilas-sekilas sepertinya tidak ada perubahan, hanya penjelasan yang lebih detail. Saya malah lebih tertarik dengan bagaimana bentuk rapornya pada panduan ini, secara saya di sekolah bertugas mempersiapkan pendataan rapor sampai dengan mencetaknya. So saya pikir ini bagian paling penting yang harus saya lihat.

Langsung saya scroll ke lampiran ke bagian contoh Rapor, sekilas tidak ada perubahan terutama di halaman-halaman awal Rapor. Tapi... wait wait.... di bagian isi nilai hasil belajar ada perubahan cukup signifikan. Yaitu informasi mengenai Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan yang awalnya berada pada satu halaman/ satu tabel kini dipisah menjadi tabel tersendiri. Deskripsi penilaian yang awalnya terpisah dengan tabel nilai, kini menjadi satu bagian. Ya.... berubah lagi  tampilannnya meski secara informasi yang disampaikan masih tetap sama.

tampilan rapor bagian penilaian pengetahuan

Melihat itu saya langsung tersenyum, hehe berubah lagi nih. Kerjaan lagi nih. Selamat dah bagi semua operator atau staff kurikulum yang menangani penilaian, monggo disiapkan bentuk rapornya yang terbaru. Tentunya ini juga menjadi pekerjaan tambahan bagi pengembang E-Rapor dari Direktorat untuk kembali menyesuaikan bentuk Rapornya, padahal belum lagi dimulai peluncuran secara resmi program E-Rapor, ternyata layout rapornya berubah lagi. Hehe.

Tapi hal ini bukan lagi menjadi sesuatu yang berat dan aneh sepertinya, karena tiap tahun kita selalu mengalami yang seperti ini, mungkin tahun depan bakal berubah lagi. Mungkin.. tapi saya berharap tidak, mudah-mudahan. Kasian siswa tiap tahun bentuk rapornya berubah, padahal isinya sama.

Yang membutuhkan Panduannya monggo, bisa diunduh pada tautan di bawah ini

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon