15 Mei 2015

Format Ijazah dan SHUN 2015

Seperti yang kita ketahui bersama, tahun 2015 ini ada perbedaan dalam penentuan kelulusan di sekolah baik itu pendidikan dasar maupun menengah. Jika sebelumnya hasil Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu penentu kelulusan, maka tahun ini UN hanya sebagai pemetaan hasil belajar dan pertimbangan  bagi Perguruan Tinggi untuk menerima mahasiswa baru. Sedangkan untuk kriteria kelulusan diserahkan pada sekolah masing-masing. Umumnya sekolah menggunakan Nilai Rapor dan Ujian Sekolah (Nilai Sekolah) dalam hal kriteria lulusan kali ini.


Hal ini tentunya berpengaruh pada penyesuaian format Ijazah yang akan digunakan oleh lulusan tahun ini. Nah kebetulan saya di  SMAN 1 Jember bertugas untuk mengolah nilai-nilai siswa sehingga saat penulisan ijazah saya pun harus menyediakan daftar nilai yang akan digunakan oleh para penulis ijazah. Agar penulisan nilainya mudah, saya harus menyediakan daftar nilai tersebut. dengan format yang sudah sesuai format ijazah yang akan ditulis. Alhamdulillah, berkat bantuan mbah google akhirnya ketemu info resmi dari Kemdikbud di situs http://litbang.kemdikbud.go.id/pengumuman/  mengenai bentuk, spesifikasi dan pencetakan ijazah tahun 2015.

Selain tampilan, perbedaan signifikan yang dapat dilihat di bagian depan terdapat tambahan kolom isian Nomor Induk Siswa di sekolah (NIS) disamping isian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Sedangkan bagian belakang sudah tidak lagi mencantumkan nilai hasil Ujian Nasional.

berikut contoh untuk format ijazah SMA 

 
format ijazah SMA IPA 2015 (klik gambar untuk memperbesar)



 
format ijazah SMA IPS (klik gambar untuk memperbesar)


Sedangkan untuk SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) diganti namanya menjadi SHUN (Sertifikat Hasil Ujian Nasional), yang untuk pengisiannya sudah menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Propinsi.


Untuk format ijazah 2015 selain SMA, dapat diunduh pada link berikut : 
Format di atas mungkin dapat anda gunakan untuk persiapan penulisan ijazah. Tentunya penulisan ijazah yang sebenarnya nanti harus berpedoman pada Juknis Penulisan Ijazah.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon