4 September 2016

Tugas Hari ini, Menyampaikan Materi di Sosialisasi SMAN 1 Jember Sebagai Sekolah Rujukan

Tugas rutin di sekolah yang seharusnya berakhir di hari Sabtu, pekan ini berlanjut sampai dengan hari Minggu. Hal ini berkenaan dengan kegiatan di SMAN 1 Jember hari ini, yaitu Sosialisasi Program SMA Rujukan. Tidak jadi libur hari ini, bukan menjadi masalah bagi saya, karena kegiatan ini memang terjadwal dan sudah tersiapkan jauh-jauh hari.

Peserta Sosialisasi Program SMA Rujukan
Sosialisasi ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka ditunjuknya SMAN 1 Jember sebagai salah satu sekolah rujukan. Secara singkat Sekolah Rujukan adalah Sekolah yang telah memenuhi / melampaui Standar Nasional Pendidikan, memiliki ekosistem yang baik, memiliki mutu yang baik, berinovasi dan berprestasi akademik/non akademik serta melaksanakan program-progarm pendidikan yang layak menjadi rujukan sekolah lain.

Dalam sosialisasi ini kebetulan saya ditunjuk untuk memaparkan salah satu program dalam sekolah rujukan yaitu penilaian dan pembuatan soal berbasis TIK. Dalam hal ini fokus pemaparan saya adalah program pengembangan LMS (Learning Management System) di  Sekolah atau biasa disebut E-Learning.

Pemaparan Pengembangan LMS Sekolah
Lama tidak aktif mengajar karena dihapuskannya TIK membuat saya agak grogi saat akan tampil, entah mengapa padahal bicara di depan banyak orang itu sesuatu yang sebenarnya biasa saja. Mungkin karena ada beberapa tamu undangan dari luar SMAN 1 Jember, yaitu anggota komite dan 10 orang perwakilan dari 5 sekolah imbas. Yaaa bisa jadi jadi seperti itu, tapi biarlah, karena Alhamdulillah saat tampil semuanya berjalan lancar, yaaa efek tegang saja kali ya.. 

Dalam paparan yang saya tampilkan, dijelaskan tentang LMS, mulai dari kelebihan kekurangan sampai dengan gambaran dalam membangun sebuah LMS di sekolah. Tidak lupa juga saya sampaikan tentang LMS di SMAN 1 Jember yang sudah dibangun sejak tahun 2008. Sayangnya karena keterbatasan waktu, tidak sempat saya demokan beberapa kelebihan di dalam LMS tersebut.

Selain saya juga tampil beberapa guru SMAN 1 Jember yang memaparkan kegiatan sesuai bidang yang dikerjakan dalam sekolah rujukan, tak ketinggalan pula dua rekan saya di Ruang Data yang memaparkan perihal Pembuatan dan Publikasi Buku dan Video Profil Sekolah.

Bpk I Ketut Suardinata dalam Paparan tentang RPP dan Pengembangan Soal-soal HOTS
Yang seru adalah pemaparan materi terakhir mengenai Program Unggulan Sekolah oleh P. Suharto. Karena dalam pemaparan ini beliau menyediakan dorprize bagi peserta sosialisasi yang berhasil menebak tahap-tahap dalam pemaparannya. Meskipun hadiahnya sederhana, hal ini cukup membuat suasana segar kembali saat peserta sudah mulai ngantuk karena jam sudah menunjukkan lewat tengah hari.

Di sesi terakhir diadakan evaluasi oleh Narasumber atas apa yang telah disampaikan masing-masing PJP (Penanggung Jawab Program) dan anggotanya. Dan Alhamdulillah dalam kesempatan tersebut saya mendapatkan penilaian yang baik, katanya sih.hehe . Karena saat penyampaian Evaluasi kebetulan saya di luar ruangan untuk melaksanakan sholat Dhuhur.

Bersama rekan guru saat sesi istirahat
Terakhir, yang tentu sangat membahagiakan adalah saat tanda tangan penerimaan Fee baik untuk peserta maupun pemateri. Alhamdulillah lumayan buat hari ini. Tapi yang terpenting dari itu semua adalah mudah-mudahan Program Sekolah Rujukan SMAN 1 Jember ini berjalan dengan lancar dan baik, dan dapat bermanfaat bagi sekolah lain terutama sekolah imbas. Sesuai dengan moto sekolah rujukan "Siap Berbagi, Ikhlas Memberi. Maju Bersama Hebat Semua".

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon