Ada yang Berbeda dengan PDSS Tahun 2021 - Husnan[dot]Com
News Update
Loading...

5 Januari 2021

Ada yang Berbeda dengan PDSS Tahun 2021

LTMPT sebagai lembaga yang mengurusi pendaftaran dan tes untuk masuk ke Perguruan Tinggi, resmi meluncurkan sistem untuk SNMPTN dan UTBK-SBMPTN pada tanggal 4 Januari kemarin. Peluncuran ini dilakukan secara streaming melalui channel Youtube LTMPT Official.

Jika kita mencermati paparan tentang PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) pada peluncuran tersebut, dapat kita lihat bahwa ada perbedaan dalam PDSS tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2020. Perbedaan signifikan dapat kita lihat pada tahapan proses pengerjaan PDSS, di mana pengisian nilai siswa dilakukan setelah pemeringkatan dan finalisasi siswa eligible. 


Di samping itu proses PDSS juga menghilangkan input rombel, jadi data siswa yang dimasukan cukup siswa yang eligible berdasarkan jurusannya. Dengan tahapan dan proses seperti ini, maka secara logika, beban kerja operator PDSS akan lebih ringan daripada sebelumnya. Karena pada PDSS sebelumnya, operator harus menginputkan data dan nilai seluruh siswa, baru kemudian pemeringkatan.

Perbedaan juga bisa dilihat dari tahapan finalisasi, dimana pada tahun ini ada 3 kali finalisasi pada pengisian PDSS, diawali dengan Finalisasi Data Sekolah, kemudian Finalisasi Siswa Eligible dan terakhir Finalisasi Nilai Siswa Eligible

Dari sisi tampilan, kita juga bisa melihat sekilas tampilan yang lebih fresh dan menurut saya lebih oke dari sebelumya, meskipun itu hanya bisa kita lihat sekilas dari skrinsut yang ditampilkan dalam paparan, karena sistem PDSS nanti baru dibuka dan bisa diakses oleh sekolah mulai tanggal 11 Januari 2021. 





Tapi di samping itu semua, tentu harapannya nanti sistem PDSS tidak hanya meringankan beban kerja operator dengan proses yang lebih simpel atau sekedar memiliki tampilan yang lebih fresh, tapi juga lebih stabil dan lancar saat diakses oleh pengguna. Karena pada tahun-tahun sebelumnya kendala yang selalu dirasakan adalah sering penuhnya akses ke sistem PDSS, sehingga cukup menyulitkan operator dalam mengisi maupun melakukan update data. Mudah-mudahan ini tidak terjadi lagi pada sistem PDSS yang baru

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done