Sosialisasi Asesmen Nasional SMA Negeri Kabupaten Jember - Husnan[dot]Com
News Update
Loading...

28 Oktober 2020

Sosialisasi Asesmen Nasional SMA Negeri Kabupaten Jember

Bertempat di Aula SMA Negeri 2 Jember, pagi tadi dilaksanakan sosialisasi tentang kebijakan Asesmen Nasional. Adapun sasaran kegiatan tersebut adalah seluruh SMA Negeri di Kabupaten Jember. Asesmen Nasional digadang sebagai pengganti dari Ujian Nasional yang meruapakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim.  


 Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan sosialisasi ini antara lain :

  1. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil. Jember : Dr. Mahrus Syamsul, MMPd
  2. Ketua TPMPD Kab. Jember : Dr. Rosyid, M.Si, MP
  3. Pengawas SMA Cabdin Wil. Jember : Ahmad Zaenuri, S.Pd, M.Pd

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ini, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wil. Jember Bapak Mahrus Syamsul. Dalam sambutannya ini beliau memaparkan kondisi terkini dalam penerapan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah, dan rencana pelaksanaan dalam perkembangan situasi New Normal. 

Acara kemudian dilanjut oleh pemaparan oleh Bapak Rosyid selaku ketua TPMPD yang memberikan gambaran besar mengenai pelaksanaan Asesmen Nasional. Dalam penjelasannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan Asesmen Nasional akan terdiri dari 3 Aspek yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar dan bagaimana metode pelaksanaannya serta tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Bapak Ahmad Zaenuri selaku pengawas SMA kemudian melanjutkan paparan dengan menitik beratkan pada  detail pelaksanaan Asesmen Nasional itu sendiri. Bagaimana tantangan yang akan dihadapi oleh Sekolah, serta persiapan yang perlu dilakukan oleh Sekolah. Dalam sesi bersama Bapak Ahmad Zaenuri ini juga dilangsungkan tanya jawab dan diskusi tentang pelaksanaan Asesmen Nasional




Secara garis besar dari sosialisasi ini, peserta memperoleh informasi bahwa tujuan utama dari penggantian UN dengan Asesmen Nasional adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Hal ini senada dengan apa yang telah disampaikan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim dalam webinar beberapa hari yang lalu.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done