Beralih dari Ubuntu Desktop ke Netbook Edition - Husnan[dot]Com
News Update
Loading...

17 Oktober 2010

Beralih dari Ubuntu Desktop ke Netbook Edition

Lagi-lagi masih soal Ubuntu. Kemarin sore iseng-iseng install Ubuntu 10.10 Netbook Edition di Netbook kantor yang lagi nganggur. Begitu lihat hasilnya langsung kepincut sama tampilannya =P~ . Dengan tampilan yang memangkas panel bagian atas dan bawah serta menggantinya dengan launcher yang dilengkapi layout icon yang cukup besar sepertinya cocok untuk layar laptop saya yang widescreen (1366 x 768 pixel). Tapi di laptop sudah terinstall versi Desktop dan  untuk beralih ke Netbook Edition dengan menginstall ulang dari awal pastinya bakalan capek deh..

Dengan meminta bantuan mbah Google yang terkenal itu, akhirnya ketemu solusinya. Dan solusinya sangat simple, cukup dengan menginstall paket ubuntu-netbook dengan cara mengetikkan perintah di bawah ini pada terminal.
sudo apt-get install ubuntu-netbook

Selain konektivitas internet proses instalasi paket ubuntu-netbook dengan cara di atas juga memerlukan CD Instalasi Ubuntu 10.10 yang digunakan sebelumnya. Selesai instalasi silahkan logout atau restart komputer dan pilihlah session Ubuntu Netbook Edition saat login. Atau atur default login session dari menu System - Administration - Login Screen.


Satu kekurangan dari tampilan Netbook Edition adalah  tidak bisa  menggunakan Animasi dan Efek seperti pada versi desktopnya. Tapi jangan khawatir, jika bosan anda dapat beralih kembali ke Desktop Edition (tampilan Gnome) melalui login session. Dan bagi yang belum menginstall Ubuntu dan ingin mencoba, ada baiknya anda langsung menginstall Ubuntu Netbook Edition karena sudah memiliki 2 tampilan sekaligus, yaitu tampilan Netbook, dan juga tampilan Gnome (desktop standar)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done