6 Januari 2014

Akhirnya beralih ke Edubuntu

Di bulan Nopember kemarin, beberapa minggu setelah Ubuntu*) 13.10 dirilis, saya mencoba Sistem Operasi tersebut di Laptop yang sehari-hari saya pakai, untuk menggantikan versi 12.04.1 yang telah terinstall sebelumnya.

Proses Instalasi berjalan dengan lancar. Akan tetapi baru masuk setelah instalasi, mulai muncul pesan error, parahnya pesan tersebut muncul beberapa kali.

tampilan error pada Ubuntu 13.10
Saya lakukan update, dengan harapan error tersebut dapat dinetralisir. Sambil lalu saya install beberapa aplikasi pelengkap dan aplikasi diperlukan sehari-hari.
Tapi ternyata masalah tidak berhenti, malahan terasa bertambah parah dan sangat mengganggu, sampai-sampai pengajaran TIK di SMAN 1 Jember yang saya ampu di Semester ganjil lebih banyak saya lakukan di Sistem Operasi Windows.

Tidak mau hal tersebut mengganggu lagi di Semester Genap, akhirnya liburan kemarin saya hapus Ubuntu 13.10 dan menggantinya. Kebetulan saya memiliki Installer Edubuntu**) versi 12.04.3, sehingga saya menggantinya dengan sistem operasi tersebut.

tampilan Edubuntu yang telah saya install
Dan Alhamdulillah, sejak diganti dengan Edubuntu 12.04.3 sampai saat ini saya tidak merasakan masalah apapun seperti yang dialami saat masih menggunakan Ubuntu 13.10.

Tambahan... dengan salah satu aplikasi di Edubuntu ini yaitu Educational suite GCompris, saya dapat mengenalkan penggunaan mouse, keyboard dan beberapa permainan balita pada anak saya yang masih kecil. Memang sih anak saya masih umur 1 tahun lebih 1 bulan, tapi dia sudah menunjukkan ketertarikan yang lebih pada komputer, yachh... meskipun ketertarikan tersebut biasanya ia implementasikan dengan mengganggu dan mematikan laptop ayahnya saat sedang bekerja hehehe.....

GCompris - salah satu aplikasi pendidikan di Edubuntu
ini anak saya saat beraksi di depan laptop


*)Ubuntu, merupakan sistem operasi untuk laptop maupun komputer desktop tapi berbasis Linux dan bersifat bebas dan terbuka (Free and Open Source). Singkatnya untuk menggunakan Sistem Operasi ini tidak perlu membayar lisensi seperti Microsoft Windows
**)Edubuntu, varian Ubuntu yang telah dilengkapi dengan software-software untu pendidikan.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon