2 September 2009

ImHalal.com - Situs Pencari untuk Muslim

Banyaknya keinginan yang berbeda-beda terhadap situs pencari (search egine), membuat banyak pihak-pihak mengembangkan situs pencari yang sudah ada, ada search engine khusus file pdf, ada search engine khusus untuk mencari file-file yang terupload di Rapidshare, dan lain-lain.

Dan bersamaan dengan Bulan Ramadhan kali ini muncul sebuah Search Engine baru bernama ImHalal.com. Dari nama dan judul situsnya, bisa ditebak bahwa ImHalal.com ditujukan untuk pengguna Muslim.

Situs pencari ini menjawab atas pertanyaan atas boleh tidaknya suatu hasil pencarian dikunjungi, khususnya dalam perspektif hukum Islam. Saat kita memasukkan sebuah kata kunci untuk melakukan pencarian, ImHalal akan memberikan hasil pencarian dalam kategori Halal atau Haram.


Apabila kita memasukkan sebuah kata kunci yang misalnya berhubungan pornografi, misal kata "Nude" maka akan muncul pesan sebagai berikut :

Pada pesan tersebut juga tercantum gambar bintang yang menunjukkan level tingkat keharaman dari sebuah kata kunci.

Hanya saja waktu mencoba menggunakan ImHalal,  saya menemukan hasil pencarian yang tidak tepat saat memcoba memasukkan sebuah kata kunci yang tergolong haram dalam Bahasa Indonesia. Karena hasil pencarian tetap ditampilkan meskipun jelas-jelas akan menuju ke sesuatu yang dilarang dalam Islam. Awalnya saya mengira karena Setting Default Language-nya tidak diarahkan ke Bahasa Indonesia, tapi setelah dilakukan perubahan hasilnya tetap sama. Ya.. mungkin karena masih baru dirilis kemarin (1 September 2009)  maka ada banyak hal yang harus diperbaiki. Dan tampaknya developer ImHalal menyadari hal tersebut sehingga di homepage ImHalal disediakan link untuk memasukkan Feedback atas permasalahan maupun tanggapan terhadap penggunaan ImHalal. Atas kejadian di atas tadi saya pun mencoba memasukkan Feedback (meskipun dengan Bahasa Inggris ancur-ancuran, hehe  ), dengan harapan mudah-mudahan hal tersebut bisa segera diperbaiki Amiiiin..

Bagi yang ingin mencoba menggunakan ImHalal, bisa segera menuju ke http://imhalal.com

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

1 komentar so far

Mau download Imhalal gk berhasil


EmoticonEmoticon