28 September 2009

Bug dan Kekurangan Opera Mini 5 Beta

OperaMini 5 yang masih dalam tahap beta version, memang sangat menarik untuk dicoba. Selain perubahan tampilan yang sangat frontal, terdapat beberapa fitur yang memang sangat diinginkan oleh para peselancar internet melalui perangkat mobile, salah satunya yang menurut saya sangat menarik adalah adanya tambahan fitur tabbed browsing yang memungkinkan kita membuka lebih dari satu halaman layaknya browse pada PC.

Hanya saja saat pertama kali mencoba browser ini, ada beberapa bug dan kekurangan yang sepertinya harus segera diperbaiki oleh Opera saat peluncuran versi finalnya nanti. Hal tersebut membuat saya masih sayang menggunakan UCWEB dan enggan beralih ke Opera Mini untuk urusan browsing melalui Handphone

Beberapa Bug yang saya rasakan antara lain (test dilakukan pada Nokia E63) :
  1. Entry Password. Saat mengetikkan kata sandi untuk masuk ke sebuah website, OperaMini 5 beta langsung merubahnya ke karakter * tanpa terlebih dahulu menampilkan sementara waktu huruf maupun angka yang dimasukkan tersebut, sehingga cukup menyulitkan mendeteksi apakah karakter yang dimasukkan sudah benar.
  2. Spasi. Saat menggunakan spasi pada untuk menulis sebuah kalimat, maka spasi yang dimasukkan akan menjadi 4 karakter spasi saat mengetikkan kalimat berikutnya. Sehinga jarak antara satu kata dengan kata lain menjadi cukup jauh.
  3. Saat menekan tombol yang memiliki input angka dalam waktu cukup lama, seharusnya yang muncul adalah angka tersebut, tetapi yang terjadi adalah huruf pada tombol tersebut akan muncul banyak (seperti mengetik pada PC). misal huruf tombol huruf H menjadi satu dengan tombol angka 6, seharusnya saat ditekan lama yang muncul adalah angka 6, tetapi di opera mini muncul huruf H yang banyak.
  4. Copy Paste. Tidak support metode Copy/Paste melalui kombinasi Ctrl+C/Ctrl+V, sehingga saat ingin melakukan penyalinan tulisan dari media lain ke Opera Mini harus dilakukan dengan mengetikkan manual

Ada kemungkinan bug yang tertulis di atas tidak dirasakan oleh pengguna yang lain. Dikarenakan handset yang saya pakai untuk mencoba OperaMini 5 beta ini menggunakan QWERTY keyboard untuk inputnya.

Sedang jika dibandingkan dengan UCWEB, Opera Mini memiliki beberapa kekurangan dalam hal kemudahan, antara lain :


  1. Open in New Window. Fasilitas tabbed browsing menjadi kurang bernyali saat dibandingkan dengan UCWEB yang memiliki fitur Open in New Window/ Tab layaknya browser pada PC
  2. Shortcut. Tidak adanya shortcut untuk memudahkan operasi dan navigasi, misal untuk membuka tab baru, switch antar tab, dll. Sedangkan di UCWEB shortcut sudah tersedia dan bisa dirubah sesuai keinginan
  3. Download Manager. Meskipun hanya versi mobile saya merasa fitur Download Manager perlu ditambahkan untuk memudahkan pengorganisasian file yang sudah diunduh.

Tapi OperaMini memiliki kelebihan yaitu bisa diakses via Wifi dengan proxy, sedangkan hal ini tidak bisa dilakukan oleh UCWEB.

Tentunya dengan bug dan kekurangan pada versi beta ini, pastinya OperaMini 5 versi final nanti diharapkan sudah dapat mengatasi hal tersebut.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

7 komentar

semua kekurangan yang mas tulis itu tidak dirasakan di ponsel dengan keypad standar. saya tambahin aja bug nya:

1. tidak native support resolusi layar 128x160 pixel
2. ukuran file semakin bertambah jika kita tidak menghapus cookie dan history
3. tidak support emoticons
4. pengetikan symbol agak lama
5. ngga bisa go to bottom page / top page



untuk kelebihan di UCWEB

no 1. di Opera mini 5 bisa kok, tekan 1 trus ada 2 pilihan: "open in new tab", dan "select text"

no 2. bisa juga, cuma sayangnya ngga bisa di customized (bisa lihat di help)
untuk new tab dsb ini shortcutnya
* + atas : new tab
* + bawah : close tab
* + kiri : pindah tab ke kiri
* + kanan : pindah tab ke kanan

no.3 juga ada, cuma di Opera Mini 5 beta hacked version


btw, bisa dilaporkan ngga bug ini ke pihak opera?

Sip, tambah lengkap informasinya.
Untuk bug bisa dilaporkan melalui forum atau langsung pada halaman Opera Mini Bug Report Wizard di http://mini.bugs.opera.com/

aku masih pake opera mini 4, ucweb memang bgus di tabbed browsing n download manager, tapi mahal gprsx

saya, pernah membandingkan antara opera mini dan ucweb, dengan settingan yang sama-sama default, hasilnya sedikit lebih murah ucweb, karena hasil kompresinya lebih kecil. Akan tetapi jika sudah dirubah setting ucwebnya, misal saja settingan Image quality (dibuat kualitasnya lebih tinggi) hasilnya memang lebih mahal, karena tentunya hasil kompresi menjadi lebih besar

terus kalau pada opera mini 5 saat menulis atau komentar, untuk spasi pake shortcut apa ya? makasih penjelasannya..

Biasa saja mas, pake spasi sesuai dengan handphone masing-masing. Untuk settingan standar kadang untuk beberapa handphone saat mengetik memang ada kekurangan, seperti di hape saya (Nokia E63) tidak bisa menggunakan huruf kapital dan simbol. Untuk mengatasinya masuk ke Settings-Advanced, kemudian ubah penyettingan Fullscreen Edit menjadi On.


EmoticonEmoticon