29 Januari 2009

Browser Mana Yang Paling Cepat

Selama ini kita menggunakan berbagai macam browser untuk berinternet ria, diantara sekian banyak browser, mungkin kita sebagai orang Indonesia sangat familiar dengan browser buatan Microsoft yaitu Internet Explorer yang saat ini sudah menginjak versi yang ke 8. Hal ini mungkin dikarenakan kebanyakan orang Indonesia menggunakan sistem operasi Windows yang memang sudah menyediakan browser Internet Explorer di dalamnya.

Tapi yang jelas semua orang tahu browser internet bukan hanya Internet Explorer(IE), seperti Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Safari dll, yang kesemuanya saling mengklaim lebih baik dari browser yang lain.

Namun berdasarkan sebuah test benchmark melalui Sunspider oleh ZDNet terhadap beberapa browser versi terbaru, menghasilkan bahwa browser milik Google yaitu Chrome memperoleh nilai tertinggi dalam hal kecepatan. posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Webkit dan Firefox, sedang IE berada di posisi buncit. Hal ini dapat dilihat dari gambar berikut ini



(angka menunjukkan satuan waktu, makin kecil angka makin cepat)


Tapi saat benchmark dilakukan melalui Google Benchmark, ada hasil berbeda yang ditampilkan, meskipun Google Chrome masih menempati di posisi pertama dan IE 8 tetap di posisi terakhir


(angka menunjukkan skor, makin tinggi angka, makin baik nilai yang dihasilkan)


Memang test ini masih dilakukan terhadap browser versi terbaru yang masih dalam tahap beta atau RC (Release Candidate), jadi ada kemungkinan hasil berbeda jika test dilakukan pada versi Stable.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

3 komentar

ternyata crome yang menang ya...
tapi crome masih banyak bug, walau sudah keluar dari versi beta.
jadi masih takut buat makai nya.. :tp:

[...] Banyaknya browser internet untuk komputer, membuat kita sebagai pengguna internet sedikit kebingungan untuk menentukan mana yang akan digunakan. Biasanya ada beberapa pertimbangan bagi kita dalam menentukan browser manakah yang akan digunakan. Saya pribadi memilih browser karena 2 hal, yang pertama adalah kompatibilitasnya dengan berbagai macam script yang digunakan oleh berbagai website, yang kedua tentunya adalah kecepatan dalam mengakses konten dari Internet [...]

tiap peramban/browser punya alat uji masing-masing.

kadang perbandingan itu tidak apple to apple. misal, opera bukan peramban biasa, punya fitur mail client, ukuran berkas installer kecil, ada fitur chat. lebih cocok dibandingkan dengan mozilla suite.

sunspider kayaknya memang tes uji punyanya mesin webkit. mesin ini dipake safari, google chrome, midori.

dromaeo tes kecepatan baca javascript punya firefox (fx).

lainnya ada slickspeed.

untuk standar web ada acidtest. :)


EmoticonEmoticon