1 Oktober 2014

Windows 10 mencontek Ubuntu?

Microsoft melalui wakil presiden divisi Windowsnya yaitu Joe Belfiore, telah memperkenalkan sistem operasi terbaru yang akan menjadi suksesor Windows 8. Alih-alih menggunakan nama Windows 9, ternyata Microsoft menggunakan angka 10 untuk untuk nama sistem operasi yang baru akan diluncurkan tahun 2015 ini.

Pantauan dari detik.com, sistem operasi ini mengusung konsep One Product, One Platform, One Store. Singkatnya, Windows 10, nantinya dapat diaplikasikan untuk berbagai perangkat baik itu PC, Smartphone, Tablet bahkan TV.

konsep one platform pada Windows 10

Konsep yang diusung oleh Windows 10 ini sebenarnya sudah pernah digunakan oleh  Ubuntu, sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh perusahan Canonical. Konsep one platorm ala Ubuntu sudah dikenalkan oleh Mark Shuttleworth (pemilik Canonical) sejak awal tahun 2013. Beberapa Proyek pun sudah mulai dikerjakan oleh Canonical untuk mewujudkannya. Salah satunya yang teranyar adalah Ubuntu Edge, ponsel high end berbasis Ubuntu.

one platform ala Ubuntu

Bahkan, jika kita melihat situs resmi Ubuntu di http://ubuntu.com, kita bisa melihat keseriusan dari Canonical untuk mewujudkan hal tersebut.

screenshot situs ubuntu.com

Memang contek mencontek masalah ide dan konsep sudah lumrah dilakukan di dunia teknologi. tentunya masih ingat dengan kasus yang menimpa Apple dan Samsung. Pertanyaannya sekarang adalah.., apakah Microsoft juga melakukannya untuk Windows 10? Ah terserahlah, emang saya pikirin hehe..:-D

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon