24 Februari 2014

Menambah Sticker Sendiri di Pixlr Express Android

Kegiatan edit foto menggunakan perangkat genggam saat ini sudah lumrah dilakukan. Sering kita mengedit foto sebelum ditampilkan di sosial media, entah itu menambahkan filter, mengatur pencahayaan, memasukkan teks ataupun menambahkan sticker

Salah satu aplikasi edit foto yang cukup populer pada perangkat genggam, khususnya Android adalah Pixlr Express. Untuk ukuran aplikasi gratis, Pixlr Express mempunyai cukup banyak fitur yang dapat digunakan untuk mengedit foto kesayangan anda, salah satunya fitur untuk menambahkan sticker-sticker unik.

Sayangnya sticker ini secara default tidak bisa ditambah atau dirubah. Namun dengan sedikit tips kita dapat menambahkan sticker buatan sendiri pada aplikasi Pixlr Express. Penambahan sticker ini hanya bisa dilakukan pada perangkat Android yang telah di-root, tapi jangan khawatir untuk perangkat yang belum di-root anda bisa merubah stickernya alias me-replace sticker-sticker default yang telah disediakan. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, sediakan dulu gambar yang akan dijadikan sticker, anda bisa membuatnya dengan aplikasi seperti inkscape atau Corel. Usahakan gambar bertipe .PNG dan berlatar belakang transparan. Untuk setiap sticker sediakan 2 ukuran gambar, yang pertama ukuran besar (minimal lebar 500px) dan ukuran kecil (maksimal lebar 75px) untuk thumbnail gambarnya. Berikan nama yang sama pada kedua gambar tadi, baik yang ukuran besar ataupun ukuran kecil. Pada contoh berikut saya gunakan file gambar dengan nama husnancom.png

contoh mendesain sticker menggunakan aplikasi Inkscape
desain sticker ukuran 500px

desain sticker ukuran 75px (untuk thumbnail)
Kedua, Koneksikan Handset anda, menggunakan mode USB Mass Storage, kemudian salin (copy) kedua gambar yang sudah di desain tadi pada salah satu folder sticker Pixlr Express. Folder ini ada di lokasi /sdcard/Android/data/com.pixlr.express/files/.effects/sticker . Anda bebas memasukkan desain gambar ke salah satu folder sticker, mulai dari folder accessories_5 sampai dengan folder zodiac_1. Salin gambar yang besar pada salah satu folder tersebut, kemudian untuk gambar kecil salin pada subfolder thumb yang ada pada masing-masing folder sticker
Pada contoh ini file husnancom.png yang saya buat disalin pada folder zodiac_1

memasukkan desain pada folder yang telah ditentukan
Ketiga, putus koneksi Handset anda dengan komputer. Kemudian dari handset, buka aplikasi Root Explorer atau sejenisnya (tentunya anda harus menginstallnya dulu jika di handset belum ada, hehehe)
Dari Root Explorer bukalah file installed.json yang ada di lokasi /data/data/com.pixlr.express/files. Bukalah file tersebut menggunakan text editor bawaan aplikasi Root Explorer



Keempat, setelah anda buka file installed.json, cari baris script pengaturan sticker, kemudian tambahkan nama file sticker buatan anda sendiri pada baris tersebut. pada contoh ini saya menambahkan nama file pada script untuk jenis sticker zodiac. Ini dikarenakan saya menyalin sticker pada folder zodiac_1. Lihat gambar berikut.


Kelima, simpan hasil pengeditan anda. Jangan khawatir jika anda salah mengedit, karena aplikasi Root Explorer akan membuat backup file aslinya.

Terakhir anda bisa buka aplikasi Pixlr Express, maka sticker buatan anda sendiri telah muncul di Pixlr Express

Selanjutnya... sticker bisa diaplikasikan pada gambar atau foto yang anda inginkan

Wait.. wait.. belum selesai. Terus bagaimana dengan handset yang belum di root. Nah bagi anda pemilik handset belom di root. Anda cukup lakukan sampai langkah kedua dengan catatan file gambar anda harus memiliki nama yang sama dengan sticker yang sudah ada. Dengan kata lain anda replace file sticker bawaan Pixlr Express dengan file gambar anda sendiri. Tentunya cara ini akan menghilangkan koleksi sticker bawaan dari Pixlr Express karena sudah tergantikan dengan sticker buatan anda sendiri.

Semoga Bermanfaat !!!

Catatan tambahan : bagi yang mengkoneksikan handsetnya dengan Linux, harap untuk mengaktifkan mode show hidden files, saat memasukkan file gambar pada folder sticker. 

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon