22 November 2013

Monev Kurikulum 2013

SMAN 1 Jember, tempat saya bekerja sebagai pengajar TIK sekaligus tenaga "perkomputeran" hari ini kedatangan  tamu dari Dirjen Pendidikan Menengah (DIKMEN). Tujuannya tak lain adalah untuk melakukan kegiatan rutin tahunan yang disebut Monitoring dan Evaluasi (Monev).

pembukaan sebelum kegiatan monev
Kali ini target dari Monev adalah implementasi Kurikulum 2013. Ya... sebagai sekolah yang sudah mulai menerapkan Kurikulum 2013 pada siswa baru, maka SMAN 1 Jember tak luput dari kegiatan tahunan ini. Tujuannya tak lain untuk mengetahui sampai dimana dan bagaimana kualitas dari penerapan kurikulum baru 2013.

Monev hari ini dilakukan dengan berfokus pada pengisian kuesioner oleh Guru, Kepala Sekolah, Komite, Pengawas dan tentu saja tak ketinggalan objek dari implementasi kurikulum 2013 yaitu Siswa. Untuk guru sendiri dipilih perwakilan dari Guru Matematika, Bahasa Indonesia dan Sejarah.

diskusi guru Bahasa Indonesia dan Sejarah
diskusi siswa dengan petugas Monev
Saya sendiri sebenarnya tidak ada sangkutnya sebagai objek kuesioner tersebut. Tapi sebagai tenaga "perkomputeran" saya diminta bantuan untuk membantu pengisian kuesioner pada format Excel yang telah disediakan. Ya.... meskipun harus meninggalkan tugas mengajar siswa dan tugas-tugas harian lainnya ya masih menumpuk, tak apalah itung-itung bisa nyambi menulis blog yang sudah lama tidak saya isi ini.
ini bang Hari, lagi dokumentasi
lah kalo ini saya, hasil candid oleh bang Hari, via WA



Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon