6 Juni 2012

Mengaktifkan Global Menu LibreOffice di Desktop Unity

Salah satu perbedaan desktop Unity dengan desktop yang pernah dipakai Ubuntu sebelumnya adalah penggunaan Global Menu. Global menu ini menampilkan menu bar pada tiap aplikasi yang dijalankan tampil pada bagian panel atas desktop layaknya di Sistem Operasi Mac besutan Apple inc. Keuntungan dari penggunaan Global Menu ini adalah membuat layar sedikit lebih lega karena menu bar tidak lagi mengambil tempat di atas aplikasi melainkan ditampilkan pada panel bagian atas Desktop Anda.

Tampilan Global Menu pada Mozilla Firefox di Ubuntu 12.04
Sayangnya LibreOffice sebagai aplikasi perkantoran default di Ubuntu tidak mengaktifkan fitur global menu ini, begitupun pada Ubuntu versi terbaru 12.04 (Precise Pangolin). Nah berikut tips singkat yang dapat digunakan untuk mengaktifkan Global Menu pada LibreOffice di Desktop Unity Ubuntu baik versi 12.04 atau versi sebelumnya.

Caranya cukup mudah, kita tinggal install extension untuk LibreOffice yang bernama lo-menubar. Pertama buka aplikasi Terminal, kemudian jalankan perintah berikut ini :
sudo apt-get install lo-menubar
Ingat...!!, jalankan perintah di atas pada saat terkoneksi dengan sambungan Internet. Setelah proses instalasi selesai, jalankan LibreOffice dan rasakan perubahannya :-)

Tampilan menu LibreOffice sebelum diinstall lo-menubar

Tampilan menu LibreOffice setelah diinstall lo-menubar

Sumber : OMG!Ubuntu

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon