17 Mei 2011

FieWeb.id beralih ke Blogger

Akhirnya ada waktu lagi untuk menulis setelah cukup lama absen. Dari pertama kali blog ini dibuat, saya gunakan Wordpress sebagai CMSnya yang ditempatkan pada hosting yang saya sewa. Setelah perjalanan sekian lama ditambah dengan beberapa pertimbangan akhirnya saya putuskan untuk mengalihkan konten blog ini dari Wordpress ke Blogger. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain :
  1. Bandwidth dan space
    karena dimiliki oleh mbah Google, sepertinya saya tidak perlu khawatir untuk masalah bandwidth dan space Blogger
  2. Harga
    Seperti kebanyakan fitur google, kita tahu Blogger juga gratis tis tis
  3. Akses
    Dengan kemampuan server Google, pastinya Blogger bisa diakses dengan nyaman tanpa harus khawatir down
  4. Sinkronisasi dengan fitur google yang lain
    Dengan berpindah ke Blogger, sinkronisasi blog dengan berbagai produk google yang saya gunakan sepertinya akan lebih mudah. 
Perpindahan ke Blogger ini menggunakan metode export import file xml. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, proses export-import tersebut akhirnya dilakukan dengan cara yang pernah saya tulis di http://genkpikmi.blogspot.com

Dengan menambahkan template gratisan yang saya modikasi sedikit, jreng.. jreng.. akhirnya jadilah FieWeb.id seperti yang sekarang ini. Yach meskipun masih banyak yang harus diperbaiki dari hasil perpindahan ini. Beberapa  kerugian memang juga saya rasakan, salah satunya adalah permalink Blogger yang berbeda dengan FieWeb.id yang sebelumnya (yang masih menggunakan Wordpress) membuat beberapa halaman yang sudah terindeks dengan baik di mbah Google menjadi hilang.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

5 komentar

blogger memang mantab mas.... :D

mas husnan ijin link http://www.fie.web.id/ saya pasang di http://www.phc.web.id/ oye....


EmoticonEmoticon