3 Februari 2011

Mengenal Sabily Linux

Ubuntu sebagai distro linux terpopuler banyak sekali diturunkan menjadi distro-distro baru, baik turunan resminya yang mendapat suport dari Canonical ataupun distro yang dikembangkan pihak ketiga secara mandiri.

Sabily merupakan salah satu distro turunan Ubuntu yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Awalnya distro ini bernama UbuntuME (Ubuntu Muslim Edition). Dari namanya ini jelas bahwa Sabily ditujukan bagi komunitas pengguna Muslim.

Dari segi tampilan dan sistem tidak ada perbedaan signifikan antara Ubuntu dan Sabily (bisa dikatakan sama persis). Yang menonjol dari Sabily adalah disertakannya paket-paket aplikasi untuk kebutuhan Muslim, seperti aplikasi pengingat sholat, munajat, Al Qur'an dan lain-lain.

Bagi saya yang paling menarik selain aplikasi Islami, juga karena Sabily menyertakan paket-paket aplikasi lain baik untuk Edukasi, Internet, Administrasi, Pengolahan Gambar /Video/Audio yang jauh lebih lengkap dari distro resmi Ubuntu. Dengan kata lain, satu kali install hampir semua kebutuhan terpenuhi.

Seperti turunan Ubuntu lain pada umumnya, rilis Sabily selalu mengikuti Ubuntu resminya, jadi saat Ubuntu merilis versi 10.10, maka 1 s/d 2 bulan kemudian Sabily yang dibuat berdasarkan versi Ubuntu terbaru tersebut juga akan tersedia untuk diunduh.

Untuk versi 2 versi terakhir saat ini (Manarat 10.04 dan Al Quds 10.10), Sabily menyertakan 3 macam paket yang bisa diunduh sesuai kebutuhan.
  1. Small : berisi paket bawaan ubuntu dan tambahan paket aplikasi Islami
  2. Full : seperti paket small dengan tambahan paket-paket aplikasi pendidikan, multimedia dan aneka aplikasi lain
  3. Ultimate : sama dengan paket full dengan tambahan pembacaan AlQur'an offline

Dan khusus untuk versi terakhir (Al Quds 10.10), sudah bisa diinstall under Windows layaknya Ubuntu dengan Wubi-nya melalui aplikasi Wisabi (Windows Sabily Installer). Dimana untuk versi sebelumnya, hal ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi virtualisasi macam Virtual box, Vmware atau yang lain.

Untuk komunikasi antar para pemakai dan pecintanya, kita bisa bergabung dengan forum yang disediakan di situs resmi Sabily, atau juga mengunjungi komunitas lain misalnya sabily-id.org (Komunitas Sabily Indonesia). Tapi karena tidak ada perubahan mendasar dari OS indukannya (Ubuntu), jadi kalaupun ada kesulitan mengenai sistem secara umum kita bisa meminta bantuan pada komunitas Ubuntu baik yang Internasional maupun dari Indonesia.

Jadi jika anda ingin menggunakan linux dengan kemampuan dan dukungan seperti distro Ubuntu, tetapi merasa kurang sreg karena kurangnya aplikasi yang disertakan dalam paket instalasi Ubuntu itu sendiri, mungkin distro Sabily sangat layak untuk dicoba.
Sabily bisa diunduh di :
Sabily.org | Mirror 1 | Mirror 2

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

2 komentar


EmoticonEmoticon