10 Desember 2010

Troubleshooting Koneksi Internet Telkomsel

Beberapa hari yang lalu seorang teman mengadu karena ada masalah pada koneksi internet melalui modem GSMnya, kartu yang digunakan adalah Telkomsel. Padahal semua setting sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh Telkomsel pada koneksi Telkomsel Flash.

Pesan yang muncul saat koneksi dilakukan adalah "a connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed. For further assistance, click More Info or search Help and Support Center for this error number".

Setelah googling, akhirnya dapat penjelasan resmi dari telkomsel tentang  masalah tersebut, yaitu :
  1. Pastikan SIM Card Anda sudah terdaftar untuk layanan TELKOMSELFlash. Untuk memastikan, cukup kirimkan SMS dengan isi SMS : Flash dan kirimkan ke 3636.
  2. Kemungkinan besar Anda berada di daerah perbatasan HSDPA/3G dan EDGE/GRPS (2G). Perpindahan 2 Teknologi ini masih belum dapat dilakukan secara baik. Mohon Anda pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan sisi luar gedung/rumah Anda untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.
  3. Solusi Alternatif : Pilih profile 3G only untuk mencegah perangkat Anda berpindah-pindah ke jaringan 2G. Untuk TELKOMSELFlash USB Modem, klik Settings pada dashboard TELKOMSELFlash Anda, pilih choose Connection Type, pilih 3G only.
  4. Khusus kartu prabayar TELKOMSEL : Kemungkinan pulsa kartu prabayar Anda sudah habis. Walaupun hal ini seharusnya tidak terjadi karena TELKOMSELFlash mempunyai tarif Rp 0/kb dan diganti dengan Time Based Charging, namun terkadang perangkat network mengadakan pengecekan pulsa sebelum melakukan koneksi
  5. Khusus kartu prabayar TELKOMSEL : Kemungkinan Anda berada dalam posisi grace (masa aktif kartu Anda habis) dimana Anda tidak bisa melakukan panggilan atau SMS (apabila kartu tersebut dimasukkan ke dalam ponsel) atau koneksi data, termasuk ke TELKOMSELFlash. Untuk mengecek hal ini, coba lakukan test pengiriman SMS ke rekan Anda, bila selalu gagal, maka ada kemungkinan Anda berada di masa grace (selain tentunya pulsa habis)

Dengan penjelasan tersebut, kemungkinan besar masalah yang dihadapi teman saya adalah masalah jaringan yang berada di daerah  perbatasan HSDPA/3G dan EDGE/GPRS, karena hal ini mirip dengan apa yang pernah saya alami di areal sekitar kantor yang memang jika diamati jaringannya sering berubah, terkadang terdeteksi jaringan 3G kadang juga EDGE.

Untuk troubleshooting lain tentang koneksi internet melalui kartu Telkomsel baca Di Sini
a connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed. For further assistance, click More Info or search Help and Support Center for this error number

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon