15 Oktober 2010

Upgrade ke Ubuntu 10.10

Tanggal 12 kemarin di sela-sela kegiatan IHT di kantor, saya sempatkan untuk mengupgrade Ubuntu 10.04 yang sudah terinstall di laptop. Sebagaimana posting sebelumnya, Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) sudah bisa diunduh dan digunakan oleh pecinta distro terpopuler ini mulai tanggal 10 Oktober 2010 (10/10/10), dan ternyata link download pun baru muncul pada pukul 10.10 GMT atau 17.10 WIB.

Sebelumnya saya hanya menggunakan metode Install Uninstall untuk menggunakan Ubuntu versi terbaru. Maklumlah tujuan saya menggunakan Ubuntu awalnya hanya sekedar mencoba saja, bukan untuk dipakai sehari-hari,(jadi selesai diinstall tidak dipakai, hanya dipajang saja :D ) . Tapi akhirnya muncul keinginan untuk serius belajar dan sedikit demi sedikit beralih ke Sistem Operasi Open Source, meskipun kerjaan sehari-hari di kantor masih tergantung sama Windows. Sehingga untuk menggunakan versi terbaru, jalan Upgrade menjadi hal yang harus dilakukan karena Ubuntu yang terinstall di laptop sudah ditambah dengan berbagai aplikasi dan pengaturan untuk keperluan sehari-hari.

Proses upgrade bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu : melalui jaringan internet langsung atau dengan bantuan CD Alternate. Berikut langkah-langkah untuk melakukan upgrade dengan bantuan CD Alternate seperti yang saya lakukan
  1. Pastikan semua update terbaru pada Ubuntu 10.04 telah terinstall dengan baik.
  2. Agar proses upgrade lebih cepat, pindahkan server update/repository ke server lokal Indonesia seperti kambing.ui.ac.id (karena meskipun menggunakan CD, tapi ternyata ada banyak package yang tetap harus didownload dari repository)
  3. Masukkan CD Alternate Ubuntu 10.10 (bisa didownload di kambing), akan muncul kotak dialog upgrade
  4. Klik Run Upgrade, sistem akan melakukan pengecekan dan persiapan upgrade
  5. Proses akan memberitahukan hasil pengecekan, jika yakin klik Start Upgrade
  6. Sistem akan segera melakukan upgrade, proses ini memakan waktu kurang lebih 30 menit.
  7. Setelah selesai Restart komputer dan Ubuntu sudah terupgrade ke versi 10.10

Setelah upgrade berhasil dilakukan, saya amati memang hampir tidak perubahan yang bisa langsung dilihat dan dirasakan pada Ubuntu Maverick Meerkat ini.
Untuk cara upgrade lainnya baca di Help Ubuntu

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon