26 Oktober 2010

Upgrade Firmware Nokia E63

Tadi malam iseng liat-liat halaman support nokia E63 di http://nokia.co.id, dan ternyata dari keterangan di halaman tersebut sudah tersedia update firmware versi 500.21.009. Nokia E63 saya yang masih menggunakan firmware versi 410.21.010 (hasil dari upgrade versi bawaan beberapa bulan sebelumnya) sepertinya perlu diupgrade ulang. Tapi selidik punya selidik ternyata firmware versi 500.21.009 ini tidak mendukung Nokia E63, dan firmware yang sudah terinstall di hape adalah versi terbaru untuk E63.

Namun bagi yang memiliki Nokia E63 atau tipe lain (terutama yang ber OS Symbian), berikut saya jelaskan beberapa hal tentang proses upgrade firmware untuk Nokia anda.

A. Pengecekan versi firmware

Untuk melihat versi firmware yang terinstall di hape masukkan kode *#0000#, dan untuk melihat versi firmware terbaru yang tersedia untuk hape anda masuk ke halaman http://www.nokia.co.id/dukungan/software/update-software-perangkat/dapatkah-saya-mengupdate kemudian masukkan kode pada label di bawah baterai pada textbox yang tersedia di halaman tersebut. Dari situ anda dapat melihat/ memutuskan apakah perlu mengupgrade firmware pada Nokia anda.

B. Persiapan Upgrade

Jika dari pengecekan  ternyata versi firmware yang tersedia lebih baru dari yang sudah terinstall, pastinya anda perlu melakukan upgrade, dan untuk persiapannya kurang lebih sebagai berikut :
  1. Kabel data yang sesuai dengan tipe hape anda.
    pada beberapa tipe bisa mengupgrade via koneksi wifi, tapi sangat disarankan untuk mengupgrade melalui kabel data jika koneksi internet wifi tidak stabil
  2. Koneksi Internet yang stabil
  3. Pastikan baterai perangkat handphone anda terisi penuh
  4. Backup data-data penting seperti kontak, dokumen dan lain-lain
    backup bisa dilakukan melalui aplikasi Nokia PC Suite atau Nokia OVI Suite, bisa juga dibackup ke memory card dan pada saat proses upgrade, buka/lepas memory card dari handphone
  5. Pastikan handphone tidak berada dalam profil offline
  6. Untuk proses upgrade download dan install aplikasi Nokia Software Updater
    bisa juga menggunakan Nokia Ovi Suite versi terbaru

C. Proses Upgrade

Setelah persiapan selesai dan software pendukung telah terinstall, berikut langkah-langkah untuk melakukan upgrade
pada contoh ini upgrade dilakukan melaui kabel data dan aplikasi Nokia Software Updater
  1. Koneksikan handphone dan Komputer melalui kabel data dengan mode PC Suite
  2. Jalankan aplikasi Nokia Software Updater, kemudian klik mulai
  3. Pastikan persyaratan pada petunjuk yang muncul sudah terpenuhi, kemudian klik tombol berikutnya.
  4. Aplikasi akan melakukan pengecekan versi firmware handphone yang terinstall dan versi yang tersedia di Internet.

    Jika versi firmware handphone anda lebih rendah dari yang tersedia saat ini, maka anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya untuk melakukan upgrade. Pada langkah berikutnya ada 2 proses yang akan dijalankan yaitu download firmware dan install firmware di handphone. Proses download memakan waktu 10-15 menit tergantung koneksi internet. Pada saat proses instalasi pastikan untuk tidak mencabut kabel data maupun mematikan komputer anda, karena bisa berakibat fatal pada handphone dikarenakan proses instalasi belum selesai.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon