1 Oktober 2010

Penyingkat URL Google 'goo.gl' kini bisa diakses publik

Dengan semakin populernya layanan microblogging Twitter, maka layanan penyingkat URL pun semakin banyak dibutuhkan. Setelah McAfee meluncurkan mcaf.ee sebagai penyingkat URL miliknya, kini layanan penyingkat URL dari Google yaitu Goo.gl bisa diakses ke publik. Layanan ini sebenarnya sudah diluncurkan akhir tahun lalu, tetapi hanya diakses melalui google toolbar atau software maupun add-on khusus untuk browser.

Kali ini google membuatnya lebih mudah dengan memberikan fitur tersebut di halaman web http://goo.gl.

Berdasarkan rilis resminya Goo.gl tidak akan dibenamkan terlalu banyak fitur tetapi akan difokuskan pada  kestabilan saat diakses, keamanan, dan kecepatan akses. Untuk masalah keamanan Goo.gl memakai pendeteksian spam otomatis seperti yang digunakan pada Gmail.

Selain itu Goo.gl juga ditambah dengan fitur khas Google yaitu adanya statistik yang menampilkan dimana, kapan, seberepa sering dan dari mana orang/komputer yang mengklik URL tersebut yang ditampilkan dalam sebuah grafik berbasi web analytics. Tentunya untuk mendapatkan statistik ini anda harus login dengan account Google ataupun Google Apps yang sudah ditransisi saat menyingkat URL.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon