17 September 2010

Stipple – Memberi Tag Foto Langsung dari Website/Blog

Memberi tag pada foto-foto kita yang ada di Facebook itu sudah biasa. Begitu juga saat kita memakai layanan album online seperti Flickr atau Picasa pun sudah biasa dilakukan. Nah bagaimana jika kita ingin memberi tag pada foto-foto yang diupload di website maupun blog kita sendiri, bisa nggak ya? Dengan Stipple hal itu sangat bisa dilakukan.

Layanan web yang berbasis di San Fransisco dan baru berdiri tahun 2010 ini memungkinkan blogger untuk melakukan tagging  pada foto-foto yang diupload. Nantinya tag bisa langsung dikoneksikan dengan profil Facebook, Twitter, Google, Yahoo maupun Typepad.

Fasilitas tagging (Stipple menyebutnya dengan istilah dot) yang disediakan dibagi menjadi tiga yaitu :
  1. Product : dengan dot model ini memungkinkan kita untuk melakukan tag pada item di foto sebagai sebuah produk yang bisa dibeli, nantinya secara otomatis Stiple akan memberikan harga produk dalam dollar sekaligus akan mencari toko online terbaik (menurut pandangan stipple) yang menjual produk tersebut. Dan jika kita beruntung ada yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka kita akan mendapat komisi yang akan dikirim melalu Paypal
  2. Person : dot model ini seperti tagging pada umumnya yaitu pada orang-orang atau teman-teman yang kita inginkan, nama dari teman akan langsung diambil dari friendlist di Facebook, Twitter atau yang lain (tergantung dengan apa kita mengkoneksikan Stiple, apakah dengan Twitter, Facebook atau yang lain.)
  3. Info : melakukan tagging yang berisikan informasi bebas, lengkap dengan URL hyperlinknya jika diperlukan.

Pemasangan Stipple pada blog sangatlah mudah. Ada 2 langkah dasar yaitu memasukkan javascript pada blog, yang kedua menentukan foto mana yang akan diberi fasilitas tagging. Cara mendetail untuk pemasangan stipple ini akan saya bahas pada posting berikutnya.

Stipple mendukung gambar yang langsung diupload di website kita maupun dari link external, semisal dari album online macam Picasa yang dimasukkan ke blog/web. Sayangnya saat saya coba, ternyata layanan ini kurang bersahabat dengan platform Blogger/Blogspot, saat tag selesai dipasang kemudian halaman direfresh, maka tag kembali kosong lagi. Entah masalah ini karena template blognya atau karena hal lain, saya belum tahu.


Foto di atas adalah contoh dari penggunaan fitur tagging melalui Stipple, dan dari video berikut dapat diperoleh gambaran lebih jelas tentang Stipple



Update 30-09-2010 : Setelah saya setting ulang dan saya coba lagi di platform Blooger/Blogspot, Stipple sudah bisa berjalan dengan baik

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

3 komentar

[...] artikel yang sebelumnya. Berikut saya jelaskan langkah-langkah memasang layanan Stipple pada website/blog. Adapun seperti [...]

Mangstap kang. Mak tambah keren situ....!!!! pokoke sip :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk: :tpk:

Alhamdulillah. Mator sakalangkong cong :-D


EmoticonEmoticon