5 September 2010

Mencoba Office Web Apps

Anda sudah pasti kenal dengan Google Docs? ya sebuah layanan manajemen dokumen dari Google, mulai dari dokumen word, spreadsheet, presentation, drawing dan juga mendukung jenis dokumen Microsoft Office. Nah tidak mau kalah dengan Google, Microsoft pun membuat layanan dokumen online yang diberi tajuk Office Web Apps.

Layanan ini bisa dikatakan adalah versi web dari Microsoft Office, dan mendukung 4 jenis dokumen yaitu Word, Excel, PowerPoint dan One Note. Layanan ini bisa diakses melalui alamat http://office.live.com. Untuk dapat menggunakan tentunya anda harus mempunyai akun WindowsLive.

Bagi yang terbiasa menggunakan Microsoft Office versi 2007 ke atas, tidak perlu banyak beradaptasi saat menggunakan Office Web Apps, karena tools yang digunakan sangat mirip dengan versi desktopnya, hanya berbeda pada banyaknya tools. Pada Office Web Apps hanya ditampilkan tools standard pengeditan dokumen, seperti font, bullet and numbering, paragraph dan sebagainya.

Dalam keterangan di situs resminya Office Web hanya mendukung browser Internet Explorer versi 7 ke atas, Safari versi 4 ke atas, dan Firefox versi 3.5 ke atas. Juga mendukung beberapa perangkat mobile seperti Blackberry, Windows Mobile, Nokia S60, Iphone. Sayangnya saya tidak berhasil mencobanya melalui Nokia E63 yang berbasis Symbian. Entah harus menggunakan aplikasi khusus atau tidak, saya belum menemukan jawabannya.



Satu kekurangan yang saya rasakan saat mencoba layanan ini adalah tidak ruler pada pengeditan dokumen word, dimana fasilitas ini sangat penting dalam pengeditan dokumen. Hal ini tentu saja menjadi kekurangan tersendiri jika dibandingkan dengan Google Docs yang sudah menyertakan ruler pada pengeditan dokumennya.

Tambahan, meskipun tidak mensyaratkan penggunaan Microsoft Silverlight agar layanan ini bisa dipakai, Microsoft sangat merekomendasikan untuk menginstall Silverlight agar akselerasinya bisa lebih cepat.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon