2 September 2010

Gmail Priority Inbox, Mengatur Prioritas Email Anda

Hampir semua aktifitas kita di dunia maya tidak terlepas dari penggunaan Email. Saat ini email bukan hanya sekedar untuk berkirim-kirim surat, tapi juga untuk menerima notifikasi dari akun-akun kita di dunia maya, update feed blog-blog favorit dan lain-lain. Bagi anda yang setia memakai satu email untuk berbagai keperluan di Internet, pastinya sering mengalami kewalahan untuk memilah mana yang harus diprioritaskan untuk dibaca lebih dulu dari sekian surat yang masuk.

Nah bagi pengguna layanan Email dari Google (Gmail) hal ini tidak akan terjadi lagi, karena Gmail secara otomatis akan memilahnya untuk anda melalui fitur baru yang dinamakan Priority Inbox. Bagaimana cara kerja fitur ini? Secara sederhana Gmail akan memprediksi mana email penting dan mana yang tidak, melalui beberapa cara antara lain seberapa sering pengirim (baik lembaga atau perorangan) mengirim email kepada anda, kebiasaan anda membuka inbox-inbox tertentu, atau seberapa sering anda membalas email-email tersebut. Misalnya : teman anda yang bernama Bob sering berkirim email kepada anda, dan anda selalu membalas kiriman tersebut, maka dengan keadaan tersebut Gmail secara otomatis dapat memprioritaskan email kiriman dari Bob sebagi email yang penting. Namun nantinya jika merasa ada sedikit kesalahan dari hasil prediksi tersebut, pengguna tinggal mengatur ulang dengan memberikan tanda pada email tersebut dengan Kurang Penting (Less Important) atau Lebih Penting (More Important). Sehingga hasil akhir menjadi lebih sempurna sesuai keinginan pengguna.

Nantinya fitur ini akan membagi inbox anda menjadi 3 bagian yaitu : Important and Unread, Starred dan Everything Else. Fitur ini juga akan dibenamkan pada email pengguna Google Apps. Meskipun Google telah mengumumkan secara resmi melalui blognya tanggal 30 kemarin, fitur ini baru akan diluncurkan sekitar 1 minggu lagi.

Video berikut  akan memberikan gambaran lebih detail bagaimana sebenarnya Priority Inbox bekerja.

Sumber : GoogleBlog

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon