26 September 2010

Dukungan lebih untuk Google Apps

Ini dia kabar gembira bagi pengguna Google Apps (bagi yang belum tahu Google Apps adalah layanan aplikasi Google dengan custom domain yang dibagi menjadi kalangan Bisnis, Enterprise, Non Profit/sekolah maupun Pribadi/standart). Ya berdasarkan email dari GoogleBlog yang masuk tadi malam, Google memberikan kesempatan bagi pengguna Google untuk menikmati tambahan berbagai macam aplikasi sehingga nantinya akun Google Apps anda akan menjadi seperti Akun Google seperti biasa (full Google Account).

Dengan ini Picasa Web Album, Blogger dan aplikasi lainnya (yang awalnya hanya bisa diakses dari akun Google biasa) kini bisa dinikmati melalui akun Google Apps. Sehingga para anggota yang terdaftar dalam Google Apps kita pun dapat menikmati hal tersebut juga.

Untuk dapat menggunakannya, admin Google Apps harus melakukan proses transisi. Caranya adaalah sebagai berikut :
  1. masuk ke halaman Admin Google Apps, jika belum melakukan proses transisi maka akan muncul tampilan seperti berikut
  2. Klik tombol Get Started,
    langkah berikutnya adalah pemberitahuan mengenai konsekuensi dari transisi yang dilakukan, jika anda mengerti dan setuju klik Continue
  3. berikutnya tentukan pengguna yang akan menikmati hasil dari proses transisi ini, apakah semua pengguna Google Apps anda, atau hanya admin dan beberapa pengguna yang dipilih saja
  4. selanjutnya adalah proses persetujuan, jika setuju silahkan centang semua opsi dan klik tombol I Accept, Start the transition untuk mulai melakukan transisi.

Proses transisi akan memakan waktu sekitar 10 menit, meskipun pada pesan dinyatakan bahwa proses bisa sampai 24 jam. Begitu proses selesai, pengguna akan mendapat notifikasi email yang kurang lebih isinya sebagai berikut :

Dengan selesainya proses transisi maka semua pengguna yang terdaftar pada Google Apps anda bisa menikmati layanan layaknya pengguna Google biasa (full Google Account).
akses gmail


akses picasa album

akes blogger

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

5 komentar

Nice Post
Salam hangat dan sukses selalu

Sorry ya alamat url diatas salah ketik yang benar yang ini,..
salam hangat

sama-sama, blog ente lebih bagus tuh..

Kalo blog ane yang ini pak. lam kenal :-? :-? :-? :o) :o) :o) :o) :o)

[...] analytics. Tentunya untuk mendapatkan statistik ini anda harus login dengan account Google ataupun Google Apps yang sudah ditransisi saat menyingkat [...]


EmoticonEmoticon