17 September 2010

Cara Memasang Stipple di Website

Melanjutkan artikel yang sebelumnya. Berikut saya jelaskan langkah-langkah memasang layanan Stipple pada website/blog. Adapun seperti yang saya singgung sebelumnya bahwa ada 2 tahap dalam hal ini yaitu pemasangan Javascript, dan yang kedua menentukan gambar yang akan diberi tag.

Biar tidak berpanjang lebar, berikut langkah-langkah untuk memasang Stipple di Blog kita.

Tahap 1
Tahap pertama ini hanya perlu dilakukan satu kali untuk website yang sama
  1. Registrasi dulu di http://stippleit.com, setelah registrasi silahkan login
  2. masuk ke bagian Dashboard, kemudian Add Site
  3. Masukkan judul website/blog dan URLnya - klik add
  4. Klik setup untuk melakukan konfigurasi.
  5. Pilih metode untuk menentukan target gambar, ada 3 mode yang bisa digunakan : Auto Detect, Class Attribute, dan CSS Selector, silahkan baca keterangan masing-masing metode dan pilih sesuai keinginan. Disini akan saya lanjutkan dengan menggunakan metode kedua yaitu Class Attribute. Dengan metode ini Stipple akan memberikan sebuah kode yang harus dimasukkan sebagai attribute Class pada target gambar. (lihat juga contoh penggunaannya). Klik Next untuk melanjutkan
  6. Masukkan Script Java yang diperlihatkan pada script blog anda (sebelum tag </body> ), untuk wordpress tag </body> biasanya berada di file footer.php template yang digunakan. berikut scriptnya

  7. Klik Finish. Stipple akan memproses untuk melakukan pengecekan apakah sudah ada gambar yang dijadikan target. Jika anda belum memasang kode yang diberi (lihat langkah no 5) ke dalam gambar yang akan ditagging, maka Stipple akan mengkonfirmasi bahwa belum ada gambar yang dijadikan target. Anda bisa mengabaikan hasil pengecekan ini apapun hasilnya.

Tahap 2
Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan menentukan gambar yang akan dijadikan target, tahap ini harus dilakukan di setiap gambar yang akan diberi tag. Karena pada langkah sebelumnya kita memilih metode Class Attribute, maka cara menentukan targetnya adalah sebagai berikut :
  1. lakukan editing image dengan mengklik tombol Edit Image pada gambar di posting anda
  2. masuk ke bagian Advanced Setting dan lihat kolom CSS Class, tambahkan kode dari Stipple tadi pada kolom tersebut, ingat kode pada gambar di bawah hanya contoh, lihat kode yang diberikan Stipple untuk website anda.
  3. Klik Update. Selanjutnya simpan posting anda, gambar sudah siap diberi tag.
    Anda harus dalam posisi sedang login di Stipple agar bisa memberikan tag pada gambar tersebut.

Untuk langkah-langkah pada tahap kedua di atas dapat langsung dilakukan juga pada script HTMLnya.

Nah bagaimana caranya  memberi tag/ dot pada gambar yang sudah diatur dengan cara di atas?, cukup dengan mengklik di pojok kiri bawah gambar pada hasil posting blog anda (lihat gambar di bawah )



script type="text/javascript" src="http://stippleit.com/stipple.js"></script>

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

1 komentar so far

[...] Pemasangan Stipple pada blog sangatlah mudah. Ada 2 langkah dasar yaitu memasukkan javascript pada blog, yang kedua menentukan foto mana yang akan diberi fasilitas tagging. Cara mendetail untuk pemasangan stipple ini akan saya bahas pada posting berikutnya. [...]


EmoticonEmoticon