6 Agustus 2010

PCMAV Ragnarok2 [beta]

Ini dia yang ditunggu sekian lama dari PCMAV, cikal bakal alias beta version dari versi terbaru PCMAV ragnarok telah diluncurkan. Meskipun masih versi beta, paling tidak sudah bisa dilihat seperti apa perkembangan PCMAV yang selanjutnya.

Di versi ini sudah bisa kita temukan beberapa hal yang mungkin sudah dinanti-nanti oleh pecinta PCMAV, yaitu antara lain :
  • RTP. Merupakan salah satu fitur paling ditunggu dan sempat absen selama 6 bulan lamanya. Fitur RTP (RealTime Protector) kini hadir terintegrasi dengan Cleaner sehingga memudahkan melakukan Cure/Delete/Quarantine ketika virus terdeteksi. RTP generasi terbaru ini telah kompatibel penuh dan berjalan stabil di Windows XP, Vista, 7  32-bit. Pencegatan terhadap file yang terinfeksi atau dicurigai sebagai malware semakin powerful & real-time dengan penggunaan teknologi low level hooking system.
  • Block Program on the USB/Card. USB flash disk/card umumnya digunakan sebagai media pertukaran data, tetapi tidak jarang disusupi oleh malware dalam bentuk kode yang dapat dieksekusi.  Bagi Anda yang tidak ingin kecolongan malware yang aktif dari USB flash disk/card (seperti di lingkungan perkantoran), dapat mengaktifkan pilihan Block Program On USB/Card pada menu Ragnarok2 di system tray.
  • CatchCrypted For EXE/VBS. Program komersial terpercaya pada umumnya tidak menggunakan packer. Sebaliknya, banyak malware menyamarkan diri dengan teknik enkripsi/kompresi menggunakan packer tertentu agar tidak mudah dibongkar. Ragnarok2 mampu mengenali dan mencegat file-file dengan kriteria tersebut (yang kerap kali mencurigakan), dengan mengaktifkan pilihan CatchCrypted For EXE dan/atau CatchCrypted For VBS pada menu Ragnarok2 di system tray.
  • Exception. Jika Anda memiliki folder/file yang diyakini bebas virus dan bukan merupakan malware, Anda dapat menginstruksikan Ragnarok2 untuk melewatkan file tersebut dari proses scan. Untuk menggunakannya, Anda perlu menuliskan folder/file tersebut ke dalam file exception.txt yang terletak pada folder yang sama dengan PCMAV.exe. Contoh isi “C:\New Folder\file.exe” (tanpa tanda kutip) berarti memberikan exception/pengecualian pada file bernama file.exe yang terletak pada folder C:\New Folder. Contoh lain, “C:\backup\” (tanpa tanda kutip) berarti memberikan exception pada seluruh file yang terdapat pada folder C:\backup.
  • Mendukung Proxy. Ada kalanya Anda memerlukan koneksi Internet saat menggunakan PCMAV untuk keperluan update otomatis, Ragnarok2 mendukung penggunaan Internet melalui proxy yang banyak digunakan pada lingkungan kantor/institusi. Konfigurasi proxy dapat Anda ketikkan pada file proxy.txt dengan format: IP|Port|Username|Password.
  • Scan Archives. Malware yang tersembunyi dibalik kompresi ZIP/RAR juga dapat dideteksi oleh Ragnarok2, dengan memilih opsi Scan Options – Scan archives pada window utama Ragnarok2. Default pilihan ini adalah off. Perlu diperhatikan, penggunaan opsi ini akan memperlambat proses pendeteksian.
  • Context Menu. Menu “Scan with PCMAV” yang tampil pada saat klik kanan folder/file pada Windows Explorer juga diimprovisasi sehingga Anda dapat melakukan scan pada satu atau beberapa folder sekaligus, dengan cara menyorot folder/file yang diinginkan, klik kanan dan pilih “Scan with Ragnarok2?. Context menu ini tampil selama Ragnarok2 aktif di system tray.

Saat saya coba, beta rilis dari PCMAV Ragnarok2 ini sangat ringan, yang kedua tidak perlu lagi mengaktifkan RTP secara terpisah, karena sudah terintegrasi dengan file PCMAV.exe (mungkin iri sama SMADAV kali ye?? , dan hal-hal lain yang bisa anda coba sendiri dengan mendownload versi beta ini pada link di bawah ini :

Download PCMAV Ragnarok2 [beta]
Link 1 | Link 2

Tapi meskipun begitu, dalam pernyataan di situs resminya, sangat disarankan untuk tidak menggunakan versi beta ini pada komputer yang dipakai sehari-hari.

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

1 komentar so far

[...] memperkenalkan versi beta dari PCMAV Ragnarok generasi kedua, ternyata PCMEDIA masih menunda untuk meluncurkan versi finalnya. Dan sebagai gantinya PCMEDIA [...]


EmoticonEmoticon