18 April 2010

Versi Baru Google Docs

Mulai 16 April 2010  Google akhirnya merilis versi baru dari salah satu layanan Google Apps yaitu Google Docs. Dalam keterangannya melalui posting berjudul Google Apps Highlights - 4/16/2010 di blognya, Google meluncurkan fitur-fitur tambahan pada Google Docs, fitur fitur yang sebelumnya telah diperkenalkan melalui preview ini menjadikan layanan Google Docs semakin powerful dalam hal urusan edit mengedit maupun share dokumen secara online.

Fitur fitur tersebut antara lain :
  1. Import dokumen yang lebih cepat
  2. Penambahan ruler pada pengeditan dokumen layaknya Ms.word atau aplikasi office lain, memudahkan kita mengatur margin maupun tab stop
  3. Penyempurnaan fitur bullet dan numbering, menyertakan gambar di dokumen dengan cara yang lebih mudah.
  4. Penambahan formula bar pada spreadsheet
  5. Drag n Drop kolom pada spreadsheet
  6. Memasukkan komentar pada bagian dokumen dengan mudah.
  7. Kolaborasi dengan pengguna lain (max 50 orang) untuk berkontribusi pada satu dokumen secara realtime/ bersamaan.
  8. serta fitur-fitur lain yang dapat dilihat melalui video di bawah ini.



Langkah-langkah menggunakan fitur-fitur baru pada Google Docs ini adalah :
  1. Klik Settings-Document Settings di pojok kanan atas tampilan Google Docs
  2. Pilih tab Editing, dan centang pada pilihan "Create new text documents using the latest version of the document editor"
  3. Save

Hanya saja saat saya mencoba, fitur ini bermasalah dengan import dari file yang sudah jadi (semisal file word) yang kita upload. Upload selalu gagal untuk mengconvert dokumen ke versi baru google Docs. Entah karena apa, sepertinya saya harus mempelajari lebih lanjut. Tapi jika kita membuat dokumen baru langsung dari Google Docs, fitur ini dapat berjalan sangat lancar.


Wah tambah ciamik dah layanan Google Docs ini. Tapi untuk saya pribadi masih belum terpikir untuk menggunakan layanan Google Docs sepenuhnya, untuk sementara saya gunakan google docs hanya untuk menyimpan dan share dokumen-dokumen penting saja. Tapi kedepannya mungkin layanan Google Docs  ini akan saya manfaatkan untuk penggunaan E-Document seperti yang diminta Boss di kantor, hehe :D

UPDATE 20 April 2010
Satu lagi, ternyata saat saya coba,  Google Docs versi baru ini masih belum bisa dinikmati bagi pengguna Google Apps for Bussiness yang Standard Edition, entah bagi pengguna yang Premier Edition.

Sumber : GoogleBlog

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

3 komentar

Hehe...
ini webnya pak Husnan ya...
ho...
baru tau... :tpk:

Maulana pak..
aduh..
kan waktu lomba URL blognya udah tau pak Husnan..


EmoticonEmoticon