4 April 2010

Keepass - Mengamankan Kumpulan Password

Sebagai pengguna Internet(apalagi yang sudah kecanduan), tidak aneh jika mempunyai berbagai macam (banyak) akun di dunia maya, mulai dari email, social networking, forum, hosting  dan sebagainya.  Satu prinsip yang harus diperhatikan adalah "Jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun". Karena jika salah satu password akun dicuri, maka akun kita yang lain masih relatif aman karena berbeda password, tentunya akan lain jika hanya menggunakan satu password saja.

Jika ingin lebih aman lagi, gunakanlah sesuatu yang tidak berkaitan langsung dengan sifat atau info pribadi anda baik untuk password atau security question. Hmm..., sebenarnya banyak teori untuk ini, tapi yang jelas saya tidak membahasnya disini, silahkan cari sendiri. Yang ingin saya bahas adalah bagaimana kita mengingat  password-password yang kita punyai. Apalagi password tersebut menggunakan kode yang sulit diingat,  atau ditambah dengan banyaknya pikiran membuat kita mudah lupa alias pikun, bisa gawat tuh. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpan password.

Ada beberapa aplikasi  penyimpan password yang bisa dipakai. Ada yang offline, ada yang online ada yang menggbungkan keduanya. Dari beberapa tersebut salah satunya adalah aplikasi yang bernama KeePass Password Safe. Aplikasi opensource ini cukup handal dalam mengelola kumpulan password yang kita miliki. Dengan menggunakan berbagai macam teknik security (baca di situs resminya), pastinya akan jauh lebih aman daripada sekedar mencatat password di komputer pribadi atau ponsel. Aplikasi ini juga tersedia untuk berbagai macam platform mulai dari Windows, Linux, Mac OS, bahkan untuk iOS, Android, Blackberry, Windows Mobile maupun Java Mobile phone pun juga tersedia, dengan kata lain database password kita juga bisa dilihat melalui ponsel yang kita miliki. Tentunya aplikasi ini juga dilengkapi beberapa fitur yang.... siiplaahh.  Saya sendiri telah memakainya mulai versi 1.09 (versi classic)  sampai sekarang.

Terus bagaimana menggunakannya ? prinsipnya adalah sebagai berikut :
  1. Jalankan Keepass,
  2. Buat database baru (new) sekaligus master keynya. Master key ini adalah kode utama untuk membuka database
  3. Masukkan kumpulan password-password anda dan detailnya. Akan lebih baik jika password dimasukkan pada kategori yang sesuai atau dibuatkan sendiri kategorinya.
  4. Simpan (Save).
  5. Selanjutnya saat ingin melihat kumpulan password, kita tinggal buka file database yang sudah disimpan tadi melalui Keepass (tentunya dengan memasukkan master keynya tadi)
  6. Jika ingin menggunakan salah satu password, cukup dengan klik kanan pada salah satu data pada database kemudian Copy Username atau Copy Password.

Untuk mendapatkannya bisa didownload melalui situs resmi KeePas atau melalui toko aplikasi sesuai dengan sistem smartphone anda.

Tata cara penggunaan lebih lengkap klik DI SINI

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

4 komentar

Keepass ya, jadi pernah inget. Langsung ke TKP

mantabph bos... :tpk: :tpk: :tpk:
mampir lah k blog sederhana saya...

wormarchive.com :-h :-h :-h :-h :-h

[...] blog ini masuk melalui kata kunci “Cara menggunakan keepas”, yang semuanya mengarah ke posting saya sebelumnya. Oleh karena itu pada posting kali ini saya berikan dokumen tatacara penggunaan Keepass Password [...]


EmoticonEmoticon