16 September 2009

Opera Mini 5 beta

Opera Mini 5 versi beta telah diluncurkan dan dapat diunduh oleh para pengguna mobile phone. Kabar meluncurnya browser ini pun menjadi salah satu Trending Topic di Twitter. Saya pun semakin penasaran dan tidak sabar untuk segera mencoba browser anyar ini di handphone saya.

Saat saya mencoba mengunduh via handphone ada konfirmasi bahwa handset yang saya gunakan belum diverifikasi untuk menggunakan Opera Mini 5 beta ini, dan menyarankan untuk mengunduh OperaMini versi 4 saja. Saya berpikir ada kemungkinan browser ini tidak bisa dijalankan di handphone saya. Tapi ternyata setelah diunduh, OperaMini 5 beta ini dapat berjalan baik.


Saat pertama kali dijalankan, tampilan yang sangat berbeda dari versi sebelumnya langsung disuguhkan. Dengan tampilan layar loading berwarna hitam (sebelumnya putih), memberi kesan tampilan yang keren pada browser ini, pun saat masuk pada tampilan awal, kesan pada browser sebelumnya pun langsung hilang. Dengan mengusung fitur baru diantaranyaTabbed browsing dan Speed Dial yang membuat Opera Mini ini semakin mendekati kesamaan dengan Opera versi PC-nya.


tampilan awal opera mini 5 beta


fitur speed dial dan tabbed browsing

Untuk speed dial ternyata berbeda dengan versi Opera versi PC yang bertambah secara otomatis berdasarkan halaman yang dikunjungi terakhir, sedang di Opera Mini ini, link pada speed dial harus ditambahkan secara manual. Dan ada sedikit keanehan saat saya memasukkan password, dimana huruf yang saya masukkan langsung berubah jadi karakter *, padahal di versi sebelumnya tidak demikian, huruf yang diketikkan biasanya muncul sebentar baru berubah menjadi karakter *. Ini membuat saya sedikit kesulitan untuk memasukkan kata sandi. Saya kurang tahu apakah kejadian pada Opera Mini 5 beta ini terjadi pada handphone yang memakai QWERTY keyboard saja ataukah terjadi juga pada handphone dengan keypad standard.

Tapi dari kesemuanya yang jelas versi baru Opera Mini ini terbilan keren. Dan mudah mudahan semua kekurangan di versi  beta ini bisa diperbaiki di final releasenya.

Opera Mini 5 beta dapat diunduh langsung via handphone melalui link m.opera.com/next, atau via PC melalui URL http://www.opera.com/mini/next/download/

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon