8 Agustus 2009

Alhamdulillah Uangku Kembali

Gak kebayang deh kalo kehilangan nih duit, Satu juta bok.. (buatku itu jumlah yang sangat besar, la wong buat ngedapetinnya bisa sampe bercucuran keringat n ingus segala (flu maksudnya) hehe. Awalnya kemarin malam aku lagi perlu duit, karena di dompet lagi tipis ya terpaksa ambil di ATM. Aku ambil pake ATM BCA (Meskipun akun bank yang aku pake adalah Shar-e Muamalat).

Dengan lagak seperti orang kaya, masuklah aku ke ATM yang dimaksud,begitu kartu n pin dimasukkan, disitu aku tulis pengambilan 1.800.000 eh mesinnya bilang "Jumlahnya kebanyakan mas, tulis jumlah yang lebih kecil", ya aku masukkan lagi deh kartunya lagi n aku tulis 1.000.000, dan tanpa mengeluarkan pesan lagi si mesin ATM langsung berbunyi (kayak bunyinya ngitung duit gitu - aku berkata dalam hati "akhirnya bakal keluar juga nih duit"). Tapi tiba tiba setelah selesai bunyi tadi, Si mesin ATM bilang lagi "Transaksi anda tidak dapat diproses", dan si Mesin gak ngeluarin duit sepeserpun. Lubang keluarnya duit sampe aku sodok2, kali aja ada yang nyangkut, hehe. Yach kena tipu sama si ATM, kirain tadi mau keluar duitnya.

akhirnya aku ulang lagi, memasukkan kartunya, n kali ini aku masukkan jumlah 500.000, dan singkat kata tanpa menunggu banyak proses keluarlah duit dengan jumlah sperti yang aku tulis. Tapi yang mengagetkan saat struk keluar dari mesin disitu tertulis pengambilan 500 ribu tapi sisa saldo telah terkurangi 1.500.000 dari saldo awal. Otomatis aku kaget, "Wah gak pernah dapat pelajaran matematik nih mesin ATM" pikirku. Untuk memastikan aku cek lagi saldonya, ternyata bener masih seperti sebelumnya duitku berkurang 1.500.000 (padahal yg keluar dari ATM cuma 500.000).

Aku langsung gak bisa mikir, pusing (meskipun gak sampe 7 keliling) dan akhirnya keluar dari ATM "tanpa bergaya seperti orang kaya lagi, hiks... . Yang bisa aku lakukan cuma Istighfar n menyebut nama Allah SWT. Sempet aku berpikir apa ini petunjuk supaya aku lebih banyak menyisihkan sebagian hartaku buat yang membutuhkan, ah entahlah, yang jelas pusing.

Mau ke kantor Muamalat, udah tutup, berarti nunggu besok dunk. Wah tapi gak bisa tenang nih, malah dipenuhi pertanyaan antara lain "apa bisa aku dapetin uang itu lagi yang udah diproses melalui ATM lintas bank (bukan ATM muamalat sendiri)", Tapi kemudian aku sadar, kenapa gak aku telpon aja SalaMuamalat (Customer Service(CS) by Phonenya Bank Muamalat). Akhirnya langsung pulang n aku telpon nomor salammuamalat tadi, setelah dijelaskan kronologis kejadian ke CSnya, sang CS mengatakan akan memproses hal tersebut, dan nanti kalau memang ditemukan kesalahan, uang bakal dikembalikan, fiuh lumayan lega dengarnya (meskipun masih agak ketar ketir)

Esok harinya masih bingung mikirin kejadian malam tadi "Sudah kembali ndak duitnya??". Untuk memastikan akhirnya pulang Jumatan, sekitar jam 1an langsung aku ke Kantor Muamalat untuk konfirmasi ke CSnya. Sampe disanan antrian untuk pelayanan cukup banyak, Wah tambah bingung dan ketar ketir deh nunggunya (meskipun si satpam di dalam kantor telah dengan sangat ramah menawarkan makanan dan minuman untuk mengisi waktu sebelum dipanggil nomor antriannya).

Dengan perasaan masih dag dig dug, akhirnya nomor antrianku dipanggil, perasaanku kemudian agak tenang setelah mendapat sapaan dan senyuman dari Mbak Aliya (CSnya Muamalat) yang ramah n bikin adem ati siapapun yang ngeliat wajahnya, hehe. Seperti kata-kata di telpon tadi malam, aku jelasin kronologis kejadiannya dan tanpa banyak bicara Mbak Aliya mengutak atik komputernya buat ngecek akunku. Kemudian dia menyerahkan printout yang berisi transaksi terakhir, Disitu tertulis bahwa ada konfirmasi kesalahan transaksi dan uangku sudah dikembalikan utuh, ALHAMDULILLAH... Perasaanku langsung plong n seneng banget ngeliatnya, saking senengnya pengen rasanya meluk Mbak Aliya tadi (cuma karena bukan muhrim gak jadi deh - bisanya cuma bilang makasih doank, hahahaha). Fiuhh.... akhirnya uangku kembali. Alhamdulillah...

Oya tambahan lagi neh, sebelum meninggalkan kantor, mbak Aliya sempat berpesan kalo ada kejadian seperti ini lagi harus cepat-cepat menghubungi Customer Service melalui telepon atau langsung datang ke kantor keesokan harinya (kalau bisa sebelum jam 12 siang) agar proses pengembalian lebih cepat. Tapi aku ndak sempet nanya, apakah kalo kita ndak komplain, duit yang ilang tadi akan dikembalikan atau tidak. dan saat kuceritakan kejadian tersebut ke temanku dia bilang itulah kelemahan sistem jaringan ATM bersama (lintas bank). Dia menjelaskan seperti itu coz dia pernah ikut seminar dari LintasArta (salah satu penyedia layanan jaringan) yang juga mengataka hal seperti itu.

So.. mungkin pengalamanku itu bisa jadi pelajaran buat teman-teman yang menggunakan fasilitas ATM Bersama/ lintas Bank seperti aku. Dan kalau ada kejadian seperti ini paling tidak kita harus segera melaporkannya ke pihak-pihak terkait (kantor bank atau Customer servicenya)


EmoticonEmoticon