19 April 2009

Auto Installer di Vista Panel

Bagi pengguna hosting berbayar pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur Auto Installer Fantastico De Luxe yang terdapat pada CPanel hosting anda tersebut. Dengan fitur ini kita dapat memasukkan beragam script cms (seperti Joomla, Wordpress dan lain sebagainya), dengan sangat mudah dan proses yang cepat.

Fitur Auto Installer kini hadir juga pada hosting gratisan yang memakai VistaPanel sebagai user panelnya (misal byethost.com, cmsindo.com, ataupun yang lain). Memang fitur ini sudah ada sejak lama pada VistaPanel, hanya saja untuk menggunakannya tidak semudah menggunakan Fantastico De Luxe pada hosting berbayar, karena beberapa setting dan pembuatan database masih harus dilakukan secara manual. Sebagai contoh kita ingin menginstall Joomla, maka yang harus saya lakukan adalah membuat databasenya dulu, kemudian menjalankan Fantastico Type Installer, memilih lokasi instalasi dan aplikasi joomla, setelah itu baru instalasi joomla dilakukan secara manual dengan memasukkan setting secara manual pula. Belum lagi kita harus mengatur ulang di file manager mengenai setting permission(hak akses - mana yang harus writeabe dan mana yang unwriteable) dari directory-directory Joomla yang telah terinstal agar semua komponen dan modul pada joomla berjalan dengan baik. Hal ini tentunya berbeda jauh saat kita menggunakan Fantastico pada CPanel.

Tapi sekarang hal tersebut tidak akan dirasakan lagi saat menggunakan  Auto Installer pada Vista Panel, karena semuanya sudah berubah layaknya Fantastico Deluxe. Hal ini baru saya ketahui saat mendapat Newsletter dari layanan hosting gratis Byethost yang saya gunakan untuk menghosting domain one-page.co.cc.  Dan saat mencoba menginstall sebuah script CMS, kita tidak perlu lagi memikirkan apakah database sudah dibuat, apa nama MySQL hostnya, semuanya otomatis dan dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah saja. Ribetnya mengatur permission directory pun sudah tidak ada lagi. Tapi jika dibandingkan dengan Fantastico De Luxe tentunya masih ada kekurangan yaitu tidak adanya fitur untuk mengupgrade versi script cms yang kita install layaknya milik Fantastico De Luxe, sebagai contoh kita telah menginstall Wordpress versi 2.7, saat ada versi lebih baru maka di Fantastico De Luxe akan muncul link untuk mengupgrade, sedangkan pada Vista Panel tidak demikian

upgrade link pada Fantastico De Luxe



Berikut adalah langkah-langkah saat saya mencoba untuk menginstall Joomla pada sub domain test.one-page.co.cc
  1. Pada tampilan Vista Panel klik menu/link Fantastico Type Installer
  2. Memilih domain/subdomain yang akan digunakan
  3. Memilih Joomla sebagai CMS yang akan diinstall
  4. Memilih directory tujuan (biarkan kosong jika ingin diinstall pada root domain) -- Klik Complete Install
  5. Proses selesai dan akan tampil informasi mengenai proses instalasi yang telah dilakukan

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

10 komentar

ga bisa kk..
waktu mau pilih domain yang mau di di gunakan (Langkah No. 2) ada peringatan

"The script installer is down during planned maintnance.

Please in the meantime use FTP to upload your favourite scripts.

Please do NOT create a support ticket regarding this. We are fully aware it is disabled, and are working to enable it as soon as possible"

:((

Mohon Bantuannya...
PM via email y..

bagaimana jika fantastico tersebut tidak ada ?
sekedar informasi : gw pakai panel.byethost.com

pada software & service hanya ada "iVista - Easy Script Installation" dan "Site builder"
Menu software & service tersebut berada ketika kita klick control panel. Karena pop up Control Panel – Software / Services – Fantastico type installer tidak tampil.
Bagaimana gw bisa install fantastico nya ?
terima kasih sebelumnya.

@mean : saya juga pake byethost untuk contoh pada artikel di atas. Kebetulan sudah lama saya tidak mengunjungi akun saya di byethost tersebut, dan pada saat saya kunjungi lagi beberapa waktu lalu, ternyata Fantastico type Installer memang sudah berubah menjadi iVista - Easy Script Installation. Tapi sepertinya layanan tersebut sedang dilakukan perbaikan saat ini, karena di situ tertulis The script installer is down during planned maintenance

Ini sekaligus menjawab pertanyaan mas Anang di atas. :ting:

Ouh seprti itu yah ..
Ok ok thank's ya Fie ..

Jika pada saat ini layanan tersebut sedang dilakukan perbaikan, bagaimana dengan akun akun yang sudah memakai fantastico sebelumnya?
Misalnya blog, apakah blog tersebut juga tidak bisa di access atau mengalami kendala akibat perbaikan dari fantastico tersebut ?

Emm ..
Boleh minta saran ? jika memang gw ingin buat blog, yang paling stabil menggunakan hosting apa yah ?

Kalau ada info mengenai byethost bagi bagi infonya ya ..
Bisa kirim lewat email langsung ..
hehe

terima kasih banyak sebelumnya.

maintenance tersebut hanya untuk layanan Instalasi script saja, jadi selama maintenance kita tidak bisa menginstall script baru, yang sudah terinstal tidak ada masalah, karena file dan databasenya sudah jadi. (lihat contoh hasilnya di http://test.one-page.co.cc/)

Untuk layanan hosting free, menurut saya byethost yg terbaik. (tapi ya itu namanya layanan free, kalau pengunjung tidak ada akan dinonaktifkan, meskipun nantinya bisa diaktifkan ulang, tanpa menghilangkan data yg sudah ada)

Kalau hanya untuk ngeblog, blogspot atau wordpress.com saya rasa sudah cukup. tapi memang tidak senyaman nginstall wordpress di hosting sendiri, hehe :D

Tapi jika ingin yg berbayar, anda bisa pakai hosting yg saya pakai (lihat iklannya di sidebar sebelah kanan blog saya ini). disitu ada beberapa pilihan hosting, ada yg murah untuk server iix-nya, ada juga yg murah untuk server us-nya. Supportnya oke. saya sudah coba semuanya. :D

Emm ..
untuk mengaktifkan ulang bagaimana cara ya ?
Sebenarnya gw uda pernah buat di byethost beberapa bulan lalu ..
Kemudian gw banyak kerjaan akirnya lama g gw buka.
Sekarang mau login tidak bisa soalnya uda expired kali ya ..
Untuk itu bagaimana cara mengaktifkan kembali akun gw yang kemaren di byethost ?
Karena saat itu fantastico masih jalan.
thx

mas , ko pada saat saya klik ivista script installernya ko malah muncul tulisan :

Temporarily disabled

The script installer is disabled pending further notice.

Please use FTP to upload your scripts and manually install.

If a script installer is required now, please consider upgrading to premium ( https://securesignup.net/portal )

itu kenapa yah ? :-?

@ahmad : berarti server hostingnya tidak lagi mengijinkan penggunaan fitur auto installer. Dalam pesan itu disebutkan bahwa fitur tersebut dinonaktifkan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Terus anda disarankan untuk melakukan upgrade akun ke premium jika membutuhkan fitur tersebut saat ini (yang artinya anda diminta untuk membayar :-SS ). Tapi mudah2an fitur tersebut akan diaktifkan lagi dalam waktu dekat.

Sekedar mengingatkan tulisan saya di atas adalah tulisan tahun 2009, jadi mohon maaf jika keadaanya tidak sesuai dengan keadaan vista panel yang sekarang. :snym:

yaaah bayar dahh , :((

emmmm , apa ada lagi yah mas webhosting yang gratis dan juga ada fitur auto installer nya ??

soalnya saya baru belajar mas ,
hanya sekedar coba2 aja .
saya mau coba ,apa emang bener yah yang dibilang orang2 ,
bisa menghasilkan uang dngan blog ??

thanks yah .. :D

untuk yang free bisa pakai 000webhost
Control Panelnya mirip dengan CPanel hosting berbayar, ada fitur autoinstallernya juga. Tapi saat saya coba hari ini fitur tersebut masih dilakukan proses maintenance/update =P~


EmoticonEmoticon