12 Maret 2009

Virus Conficker dan PCMAV

Sudah tahu kan kabar tentang ganasnya virus Conficker??


Dari beberapa berita di media, disebutkan bahwa virus ini telah banyak menjangkiti komputer di berbagai penjuru dunia. Sebulan yang lalu virus ini menggila di Houston AS dan melumpuhkan jaringan komputer yang ada di kota tersebut, mulai dari aktivitas pengadilan sampai bisnis lumpuh akibat virus ini

Bahkan virus ini sempat mengacau di komputer milik militer berbagai negara seperti Inggris Perancis dan Jerman. Virus tersebut berhasil memutuskan jaringan komputer mereka yang berimbas pada sistem operasi yang terganggu. Hal ini  juga tidak luput dari perhatian Microsoft yang sampai-sampai "mengadakan sayembara" berhadiah USD 250ribu(Rp. 3 milyar) bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi pertama tentang virus conficker tersebut

Bulan ini muncul varian baru dari conficker yang mendapat perhatian besar dari vendor pembuat antivirus Symantec, yang katanya varian baru ini lebih ganas dari varian sebelumnya.

Terus apa hubungannya dengan PCMAV ???

PCMAV sebagai anti virus "kebanggan" Indonesia ini, kemarin (11 Maret 2009) melalui virusindonesia.com mengklaim dapat mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari virus Conficker (Kido atau Downadup). Dengan meluncurkan sebuah anti virus khusus bernama PCMAV Express for Conficker, pihak PCMEDIA menyatakan bahwa anti virus ini dapat menuntaskan virus ini sampai ke akar-akarnya, meskipun baru 2 varian utama (varian A dan B) dari 3 varian conficker yang bisa dituntaskan.


Tapi untuk menjaga kemungkinan buruk yang tidak diinginkan tidak ada salahnya jika kita mencoba PCMAV Express for Conficker ini, yang bisa didownload melalui virusindonesia.com atau DISINI. Setelah mendownload perhatikan tata cara penggunaan PCMAV Express, yaitu sebagai berikut :
  1. Pastikan user Anda memiliki hak setara Administrator.
  2. Non-aktifkan antivirus yang terinstall agar tidak mengganggu PCMAV Express.
  3. Pastikan sebelumnya bahwa komputer Anda *tidak* terkoneksi ke jaringan atau internet selama proses scan.
  4. Setelah selesai, sangat disarankan untuk melakukan restart dan scan ulang (jika perlu).
  5. Setelah virus berhasil dituntaskan, segera update/patch Windows Anda. PCMAV Express ini pun dapat mendeteksi apabila komputer Anda belum di patch.
  6. Pastikan seluruh PC yang telah terhubung di dalam jaringan juga telah bebas Conficker, sebelum PC Anda kembali terkoneksi ke jaringan.
  7. Pastikan password hak Administrator di PC Anda tidak mudah ditebak, karena Conficker memiliki kemampuan menyusup dengan melakukan “tebakan” terhadap password Administrator dengan kosakata umum yang ada dalam kamusnya. Gantilah password Anda dengan gabungan alphabet dan numerik agar tidak mudah ditebak.
  8. Jika langkah 3-7 di atas tidak Anda ikuti dengan baik, maka besar kemungkinan Conficker dapat menyerang kembali, sebagus apapun antivirus yang Anda gunakan.

Dan untuk menghindari terancamnya komputer anda oleh virus ini ada baiknya juga melakukan 10 langkah pencegahan berikut ini :
  1. Jangan aktifkan Autorun
  2. Pastikan Microsoft windows yang Anda gunakan sudah terupdate dengan patch terkini (sudah ada sejak Oktober 2008).
  3. Jangan gunakan user dengan level administrator untuk keperluan sehari-hari
  4. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akses yang menggunakan password
  5. Jangan mudah percaya dengan file atau URL yang dikirim ke Anda
  6. Jangan mengumbar informasi sensitif (personal) di website
  7. Encrypt dan back up informasi penting
  8. Hindari free wi-fi bila Anda tidak yakin keamanannya
  9. Jangan memakai software bajakan
  10. Pastikan Anda memakai antivirus yang memiliki ThreatSense Technology atau teknologi berbasis Advanced Heuristics yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi ancaman yang belum dikenal (baru) secara proaktif

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.


EmoticonEmoticon