26 Februari 2009

Menyertakan gambar dari Picasa melalui Picasa Images Express

Gambar merupakan bagian sangat penting dalam sebuah posting di blog,  karena gambar dapat memvisualkan tulisan yang kita buat. Apalagi saat kita menuliskan langkah-langkah sebuah proses, misal cara meyertakan update blog pada profile facebook. Maka gambar akan sangat dibutuhkan untuk mempermudah pembaca mengerti langkah-langkah tersebut.

Menyertakan gambar melalui album online seperti picasa ataupun yang lain, adalah cara yang tepat untuk menghemat space maupun bandwidth hosting yang kita miliki. Serta dapat juga menghemat waktu tanpa harus mengupload lagi gambar yang sudah ada di album online kita.

Bagi pengguna picasa, pastinya sudah mengerti bagaimana cukup rumitnya (sebenarnya tidak rumit, tapi agak ribet juga  menyertakan gambar dari picasa pada blog wordpress yang kita miliki, karena harus copy paste URL gambar padahal picasa menyediakan URL tersebut disertai script-script lain, yang mungkin kurang kita butuhkan.

Dengan menggunakan Picasa Image Express maka kendala di atas akan teratasi. Setelah menginstall plugin ini, saat posting kita  cukup mengklik sebuah tombol dan tinggal memilih gambar mana (dari album picasa) yang akan dimasukkan (seperti halnya saat memasukkan gambar yang diupload dari komputer). Cukup memudahkan bukan.??
tombol.jpg


Fitur yang ada dalam plugin ini antara lain :
  1. Menampilkan gambar dari album public picasa (baik milik anda sendiri maupun orang lain)
  2. Melakukan pencarian gambar berdasarkan caption dan tags
  3. Menyertakan beberapa gambar sekaligus untuk dijadikan satu gallery di dalam posting
  4. Mendukung tampilan LightBox dan ThickBox
  5. Mendukung ukuran gambar yang telah disediakan picasa


NB :
  1. Plugin Picasa Image Express bisa didownload DISINI
  2. agar bisa ditambpilkan dengan mode LightBox maupun ThicBox, silahkan sertakan plugin Lightbox yang bisa didownload DISINI dan plugin ThickBox yang bisa didownload DISINI
  3. Video tutorial bisa dilihat di http://vimeo.com/1557869

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

6 komentar

oya mas, kalo plugin2 kayak gini biasanya buat yang udah hosting aja. kasihan ya yang belum hosting :D

selama ini masih setia pake photobucket untuk menghemat space dan BW :D

sampean arek Tulungagung ta mas?

Bukan mas, saya anak Jember..

Salam Kenal Mas,

Terimakasih sekali informasinya, saya ini blogger baru yang nekat pakai hosting berbayar, karna ketidaktahuan saya, saya selalu simpan gambar postingan di hosting saya, hasilnya ya kena Bandwidth Limit Exceeded.
http://fotounik.ne/
Beruntung saya baca artikel mas,

Salam sahabat

apa tu PCMAV 3.0 Ragnarok ??? :blink:

Anti Virus buatan PCMEDIA versi yang terbaru mas.


EmoticonEmoticon