11 Oktober 2008

Google Web Translate

Entah mulai kapan fasilitas ini hadir di Search Engine Google...


Yang jelas aku baru tahu tadi pagi saat membuka halaman Google di kantor ( hehe, mungkin aku yang paling katrok baru tahu fasilitas ini ). Yup.. saat ingin mengecek posisi keyword "sma 1 jember" di Google, yang ternyata hasilnya menempatkan Official Website SMAN 1 Jember di posisi pertama, aku menemukan adanya tambahan link saat hasil dari pencarian dimunculkan. Di belakang link hasil pencarian terdapat link dengan tulisan "[translate this page]", yang kemudian membuat aku penasaran



Saat aku coba klik ternyata dia menampilkan sebuah halaman dengan frame di atasnya yang isinya tidak jauh berbeda dengan halaman aslinya (bahkan sama persis saat frame-nya dihilangkan), cuma halaman yang ini full pake bahasanya George Bush alias Bahasa Inggris. Ya.. memang hasil translate-nya tidak sempurna, masih banyak kesalahan dan kalau dikembalikan ke Bahasa Indonesia artinya bisa jadi beda. Tapi meskipun begitu tetap saja ini merupakan suatu hal yang sangat menarik dan cukup wah juga. Salut buat Google...., Google emang gak ada matinya .

Orang Jember asli. Operator pendidikan di SMAN 1 Jember.  Suami dari seorang istri. Bapak dari dua anak yang guanteng-guanteng.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon