8 September 2008

Pelatihan CMT

Kemarin (6-7 September) aku mengikuti pelatihan CMT (Calon Master Trainer) mewakili SMAN 1 Jember. Tempatnya di Lab Pelatihan Depdiknas Jawa Timur


Pertama sih gak tahu buat apa tuh pelatihan, aku sangka hanya pelatihan-pelatihan biasa seperti sudah-sudah aku alami saat masih di tempat kerjaku yang lama. Pada saat tiba di tempat pun aku masih mengira seperti itu, paling-paling hanya latihan membuat presentasi atau ngeblog (keyakinanku tambah kuat saat aku baca sekilas modul yang diberikan). Tapi ya sudahlah emang gua pikirin, langsung aja aku letakkan modul yang sempat kubaca tadi trus bergegas mandi kemudian istirahat (soalnya waktu pembukaan masih 1,5 jam lagi - jadi masih ada waktu untuk istirahat).


Awalnya sih aku memang mengganggap remeh kegiatan ini, soalnya dari tempat dan pelatihan yang disajikan pun, gak jauh beda dengan pelatihan-pelatihan yang pernah aku alami (ya hanya sekedar buat presentasi, buat RPP pengajaran dan lain-lain). Tapi ada hal lain yang aku dapat dari pelatihan ini (yang mungkin tidak pernah aku dapat dari pelatihan-pelatihan sebelumnya), yaitu pengalaman dan sharing dari teman-teman sekolah lain maupun dari para senior tentang bagaimana memaksimalkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk pengajaran di Sekolah. Bahkan ada beberapa tip dan trik khusus dari para senior untuk lebih memaksimalkan TIK ini.


Setelah dua hari mengikuti pelatihan, baru deh sadar kalau ternyata selama ini di sekolah tempatku bekerja, pemanfaatan TIK untuk pengajaran masih banyak kekurangannya dan perlu diperbaiki. Meskipun kalau dibandingkan dengan sekolah lain di Jember, sekolahku masih lebih baik.


Ya mudah-mudahan setelah mengikuti pelatihan ini, kontribusiku terhadap peningkatan penggunaan TIK di tempatku bekerja bakal lebih meningkat, Amiiinnn

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon